Beberapa Negara Penghasil Emas Terbesar Dunia

Lebih dari 10 tambang emas utamanya tersebar di wilayah Ontario. Diperkirakan cadangan emas yang ada di Kanada sekitar 2.000 ton.

Jumat, 26 Maret 2021 | 00:30 WIB
0
241
Beberapa Negara Penghasil Emas Terbesar Dunia
Negara Penghasil Tambang

Peningkatan investasi emas belakangan ini berdampak pula pada peningkatan akan kebutuhan emas.

Banyak investasi emas berbanding lurus dengan produksi emas itu sendiri. Hal tersebut membuat bertambahnya  pendapatan negara yang didapat dari hasil ekspor emas. Ada banyak negara yang dikenal sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Hal ini biasanya dapat diukur dari banyaknya jumlah tambang emas yang dimilikinya. Berikut ini negara-negara dengan pertambangan emas terbesar di dunia:

Baca Juga: Inilah Pengertian Tambang Emas Rakyat

China

Negara pertama yang paling banyak menghasilkan emas di dunia adalah China. Tercatat jumlah produksi emas di China setiap tahunnya sekitar 450 ton. Angka produksi emas di China menyumbang 13% dari produksi emas secara global. Hal ini tak mengherankan, sebab pertambangan emas utama di China tersebar di banyak wilayah seperti Shandong, Henan, Jiangxi, Yunnan, dan Fujian. China bahkan masih memiliki cadangan emas sekitar 1.900 ton.

Australia

Australia memiliki banyak tambang emas yang tersebar di wilayah Western Australia, South Australia dan New South Wales. Tak heran, Australia mampu menduduki peringkat kedua negara penghasil emas terbesar di dunia dengan produksi emas sekitar 300 ton setiap tahunnya. Cadangan emas di Australia diperkirakan mencapai angka 9.800 ton. 

Rusia

Sebagian besar tambang emas Rusia dapat ditemukan di banyak wilayah seperti Amur, Irkutsk, Khabarovsk, Krasnoyarsk, Magadan dan Sakha-Yakutia. Dari tambang-tambang emas tersebut, Rusia mampu memproduksi emas sekitar 255 ton setiap tahunnya dan angka produksi emas ini meningkat dari tahun ke tahun. Emas yang diproduksi Rusia ini mendukung 83% kebutuhan emas di Eropa. Hal ini menjadikan Rusia sebagai negara pada peringkat ketiga dengan produksi emas terbesar di dunia. Cadangan emasnya sendiri diperkirakan mencapai 5.000 ton.

Amerika Serikat

Tambang emas di Amerika tersebar di wilayah Amerika, seperti Nevada, Alaska, Kalifornia, Colorado dan South Dakota. Setiap tahunnya Amerika Serikat memproduksi emas sekitar 211 ton, menjadikan negara adidaya ini berada di peringkat empat dengan produksi emas terbesar di dunia. Cadangan emas yang masih dimiliki Amerika Serikat diperkirakan sekitar 3.000 ton. 

Kanada

Kanada mampu menghasilkan emas sekitar 160 ton setiap tahunnya dan menjadikannya peringkat kelima sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Lebih dari 10 tambang emas utamanya tersebar di wilayah Ontario. Diperkirakan cadangan emas yang ada di Kanada sekitar 2.000 ton.

Baca Juga: Daerah Yang Kaya Akan Sumber Daya Emas 

Demikianlah penjelasan dari beberapa negara penghasil emas terbesar dunia. Jika Ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang pertambangan dan emas, sangat direkomendasikan untuk membaca artikelnya di sini

***