Burhanuddin Nur, Notaris yang Menjadi Mitra GrabCar

Rabu, 23 Januari 2019 | 20:15 WIB
0
919
Burhanuddin Nur, Notaris yang Menjadi Mitra GrabCar
Burhanuddin Nur (Foto: Facebook)

Burhanuddin Nur, S.H. M.Kn., akrab disapa Bur. Beliau satu tahun di atas saya di Fakultas Hukum Unhas. Tokoh mahasiswa yang punya seabrek aktivitas, Ketua SAR Unhas, Pengurus Maperwa yang juga karateka.

Bisa jadi kesibukan yang menumpuk kala itu membuat sosok Bur terkesan kurang ramah, sedikit tempramental dan jarang senyum.

Beda dengan apa yang saya rasakan saat beruntung bertemu dengannya beberapa kali belakangan. Sosok yang nampak tawadhu' dengan raut muka bercahaya dan janggut yang mulai memutih dibiarkan memanjang nan rapi, mencerminkan sikap relegiusitas serta kematangan seorang pria dewasa.

Dengan pakaian yang selalu rapi dan suka mengumbar senyum tak mampu menyembunyikan sikap tegasnya, apa lagi jika menyangkut prinsip yang diyakininya. Tengok pandangannya yang kritis terhadap organisasi kenotariatan, dunia di mana ia kini berkecimpung.

Kritiknya yang pedas terhadap masalah hukum serta problem sosial yang disaksikannya sehari-hari bisa dilihat pada status atau komentarnya di media sosial. Kehidupan aktivis kampus di masa lalu sepertinya tak bisa menjauh dari kehidupannya.

Belakangan publik lebih mengenalnya sebagai OmburGRAB, adalah Mitra GrabCar yang baik hati dan berdedikasi.

Cara dia berintraksi dengan penumpangnya seringkali membuat kita tersenyum simpul hingga berurai air mata. Bur memahami betul arti melayani sebagai profesional. Pada mereka yang kesulitan dan sedang berduka dia menunjukkan empati yang tulus, layaknya seorang pekerja sosial yang melakukan tugas kemanusiaan.

Sebaliknya penumpangnya yang sedang bersukacita sering memberinya apresiasi lebih. Saya percaya cerita OmburGRAB yang diunggah di Facebook telah menginspirasi dan mencerahkan banyak orang.

Burhanuddin Nur, S.H. M.Kn., adalah mantan aktivis kampus yang layak dicemburui. Do'a kami selalu menyertai setiap perjalanan OmburGRAB dan seluruh Mitra GrabCar lainnya.

***