Apakah Beberapa Anjing Jenius dalam Mempelajari Kata-Kata?

Kamis, 4 November 2021 | 12:23 WIB
0
142
Apakah Beberapa Anjing Jenius dalam Mempelajari Kata-Kata?
ilustr: ABC10

Studi mengungkapkan kemampuan belajar kata yang luar biasa pada anjing langka dan berbakat.

Poin Penting

  • Kemampuan untuk mempelajari beberapa nama objek jarang terjadi pada anjing dan tampaknya hanya ada pada beberapa individu yang berbakat.
  • Beberapa anjing berbakat dapat mempelajari hingga 12 nama mainan baru dalam satu minggu dan mengingat nama-nama tersebut hingga dua bulan.
  • Anjing berbakat dapat berfungsi sebagai model pembelajaran kata pada spesies lain dan membantu kita memahami bagaimana anjing memandang dunia mereka.

Setiap anjing adalah anak laki-laki atau perempuan yang baik. Tetapi ternyata beberapa dari mereka mungkin juga jenius. Menurut sebuah studi baru, beberapa anjing berbakat unik dapat mempelajari hingga 12 nama mainan baru hanya dalam satu minggu - dan mengingat nama-nama baru setidaknya selama dua bulan. Tes tersebut merupakan bagian dari Genius Dog Challenge, sebuah kampanye media sosial yang bertujuan untuk menemukan lebih banyak anjing dengan pengetahuan tentang nama-nama objek.

Anak anjing dewasa sebelum waktunya.

Proyek ini dimulai beberapa tahun yang lalu, ketika Claudia Fugazza dan dám Miklósi, kepala tim peneliti di Universitas Eötvös Loránd di Hungaria, bertemu dengan seekor anjing bernama Whisky, yang pemiliknya mengaku tahu nama-nama mainannya. Meskipun awalnya skeptis, para peneliti menguji Whisky, dan dia lulus dengan warna-warna cerah, menunjukkan kosakata nama objek yang mengesankan.

Hal ini mengilhami para peneliti untuk mencoba melatih anjing untuk mempelajari nama-nama benda. Mereka menghabiskan tiga bulan melatih 36 anjing — dengan sedikit keberhasilan. Bahkan setelah pelatihan intensif, kebanyakan anjing tidak dapat mempelajari banyak nama objek. Hasilnya tampaknya menunjukkan bahwa ini adalah kemampuan langka di antara anjing.

Shany Dror, seorang mahasiswa doktoral dalam kelompok penelitian dan penulis utama studi baru ini, membandingkan anjing-anjing ini dengan kosa kata yang besar dengan manusia yang sangat berbakat, seperti Einstein atau Mozart, yang menunjukkan bakat luar biasa dalam satu bidang. Dror berkata:

"Melihat anjing-anjing berbakat ini, sulit untuk mengatakan apa yang membuat mereka berbeda dari anjing lain. Saya telah bertemu dengan banyak anjing lain yang juga termotivasi untuk belajar dan memperhatikan pemiliknya. Namun, mereka tampaknya tidak belajar. Kami tidak tahu apa yang membuat anjing-anjing ini berbeda; hanya saja perbedaannya sangat, sangat jelas sekali Anda mencoba mengajari mereka."

Menguji Anjing Jenius

Selama lebih dari dua tahun, Dror dan rekan-rekannya mencari anjing di seluruh dunia dengan kosakata nama objek yang ada. Selain Whisky (yang berasal dari Norwegia), mereka berhasil menemukan lima lagi: Max (Hongaria), Gaia (Brasil), Nalani (Belanda), Squall (Amerika Serikat), dan Rico (Spanyol). Keenam anjing ini semua tahu nama lebih dari 28 mainan, dengan beberapa mengetahui lebih dari 100. Mereka menunjukkan pengetahuan ini dengan berhasil mengambil setiap mainan atas permintaan pemilik ketika mainan itu ditempatkan di ruangan yang berbeda, dari pandangan pemilik, di antara mainan bernama lainnya.

Menariknya, keenam anjing ini adalah border collie. Sejak percobaan ini, tim telah mengidentifikasi beberapa anjing "jenius" lainnya. Border Collie terwakili dengan baik dalam kelompok ini, tetapi juga termasuk gembala Jerman, Pekinese, gembala Australia Mini, dan beberapa Mutt. Secara keseluruhan, tampaknya kemampuan untuk mempelajari nama-nama objek jarang terjadi dan hanya ada pada beberapa individu berbakat, yang sebagian besar, tetapi tidak semua, tampak seperti Border Collie.

Untuk studi awal enam anjing berbakat, Dror dan rekan-rekannya meminta pemiliknya untuk mengajari anjing mereka nama enam dan kemudian 12 mainan baru dalam satu minggu. Eksperimen dilakukan di rumah anjing menggunakan perangkat lunak streaming video online.

Pemilik dapat mengajari anjing mereka nama objek baru sesuai keinginan mereka. Ini berarti sesi bermain setiap hari (dari setengah jam hingga dua setengah jam) di mana pemilik berinteraksi dengan anjing dan mainan baru mereka. Pada hari ketujuh, mainan baru berserakan di lantai, bersama dengan beberapa mainan lama yang dipilih secara acak dari koleksi mainan bernama anjing. Untuk mengontrol isyarat bawah sadar, pemilik duduk di ruangan yang berbeda, jauh dari jangkauan mainan, dan meminta anjing untuk mengambil setiap mainan baru dengan mengucapkan namanya.

Selain itu, ingatan anjing tentang objek baru diuji satu bulan dan dua bulan kemudian (dengan mainan yang disimpan di antaranya).

Hasilnya sangat mengesankan. Anjing-anjing berbakat tidak hanya dapat mempelajari hingga 12 nama objek baru dalam satu minggu, tetapi sebagian besar juga mempertahankan memori jangka panjang dari nama-nama tersebut setidaknya selama dua bulan.

Komunikasi Anjing-Manusia

Dror mengatakan tim peneliti memiliki dua tujuan utama. Seseorang menggunakan anjing-anjing ini sebagai model untuk mempelajari kata-kata dan membandingkan persamaan dan perbedaan dalam cara manusia dan anjing mempelajari kata-kata. Tujuan lainnya adalah bekerja dengan anjing untuk lebih memahami bagaimana mereka memandang dunia.

Anjing menjadi model yang baik untuk mempelajari perilaku manusia sejak mereka berevolusi dan dibesarkan di lingkungan manusia. Penelitian menunjukkan bahwa anjing tampaknya jauh lebih baik dalam memahami sinyal komunikasi manusia daripada hewan lain, termasuk kera besar dan serigala. Proses domestikasi - di mana manusia secara khusus memilih anjing karena kemampuan mereka untuk memahami komunikasi manusia - kemungkinan telah berkontribusi pada kemampuan superior mereka.

Namun, Dror memperingatkan bahwa sementara anjing, pada umumnya, terampil dalam memahami komunikasi manusia, kemampuan untuk memahami begitu banyak kata yang berbeda jarang terjadi.

“Saya belajar selama penelitian ini betapa sensitifnya anjing terhadap isyarat visual yang tidak disadari dari pemiliknya,” katanya. “Jika pemilik anjing ingin meningkatkan komunikasi dengan anjingnya, penting untuk memperhatikan setiap sinyal kecil yang Anda berikan kepada anjing Anda, tidak hanya sinyal verbal tetapi juga sinyal nonverbal.”

Dror mengatakan bahwa dalam interaksi kita sehari-hari dengan anjing kita, mereka menangkap segala macam isyarat dari kita, baik yang disadari maupun tidak. Dan anjing kami biasanya sangat pandai dalam hal ini sehingga kami yakin mereka mengerti persis apa yang kami katakan.

“Hanya ketika Anda menghilangkan aspek komunikasi lainnya, Anda menyadari bahwa ketika berbicara tentang kata-kata yang diucapkan, kebanyakan anjing tidak mengerti sebanyak yang kita kira.”

Apakah Anjing Anda Jenius?

Dror dan rekan-rekannya terus mencari anjing yang lebih berbakat. Mereka mendorong pemilik anjing yang percaya bahwa anjing mereka mengetahui banyak nama mainan untuk menghubungi mereka melalui situs Genius Dog Challenge.

***
Solo, Kamis, 4 November 2021. 11:47 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko