Fosil "Tikus Awan Raksasa" Ditemukan di Gua-gua Filipina

Dua dari hewan pengerat raksasa ini tampaknya menghilang sekitar dua ribu tahun yang lalu, atau segera setelahnya.

Jumat, 30 April 2021 | 12:06 WIB
0
184
Fosil "Tikus Awan Raksasa" Ditemukan di Gua-gua Filipina
ilustr: Reddit

Tikus, pada umumnya, bukanlah hewan yang terlalu populer. Tetapi meskipun Anda tidak ingin kutu tikus hitam biasa tinggal di rumah Anda, sepupu jauh mereka di Filipina benar-benar suka diemong. "Tikus awan raksasa (Phloemys pallidus)" ini hidup di puncak pohon di hutan pegunungan yang berkabut, dan mereka mengisi peran ekologis yang ditempati oleh tupai di AS.

Dan ternyata, kita memiliki bukti baru bahwa mereka telah lama tinggal di Filipina - para ilmuwan telah menemukan fosil dari tiga spesies baru tikus awan raksasa yang hidup berdampingan dengan manusia purba.

"Penelitian kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa Filipina memiliki konsentrasi spesies mamalia unik terbesar di negara mana pun, yang sebagian besar adalah hewan kecil, kurang dari setengah pon, yang hidup di hutan tropis," Larry Heaney, Kurator Neguanee dari Mamalia di Chicago's Field Museum dan penulis studi di Journal of Mammalogy yang mendeskripsikan spesies baru.

"Spesies fosil yang baru punah ini tidak hanya menunjukkan bahwa keanekaragaman hayati bahkan lebih besar di masa lalu, tetapi dua yang punah hanya beberapa ribu tahun yang lalu adalah raksasa di antara hewan pengerat, keduanya memiliki berat lebih dari dua pon. Beberapa ribu tahun yang lalu membuat kita bertanya-tanya apakah mereka cukup besar sehingga mungkin bermanfaat untuk diburu dan memakannya."

"Kami telah memiliki bukti mamalia besar yang punah di pulau Luzon Filipina sejak lama, tetapi hampir tidak ada informasi tentang fosil mamalia berukuran lebih kecil. Alasannya mungkin karena penelitian difokuskan pada situs terbuka di mana Fosil besar fauna mamalia diketahui telah diawetkan, daripada mengayak dengan hati-hati deposit gua yang mengawetkan berbagai ukuran vertebrata termasuk gigi dan tulang hewan pengerat," kata Janine Ochoa, Asisten Profesor Arkeologi di Universitas Filipina - Diliman dan penulis utama studi.

Pada awal penelitian, Ochoa memeriksa kumpulan fosil dari gua-gua di formasi batu kapur Callao, di mana beberapa tahun lalu, para ilmuwan menemukan sisa-sisa spesies manusia purba, Homo luzonensis. "Kami melihat kumpulan fosil yang terkait dengan hominin itu, dan kami menemukan gigi dan fragmen tulang yang akhirnya menjadi milik spesies baru tikus awan ini," kata Ochoa.

Fragmen fosil yang ditemukan oleh tim penggalian di Gua Callao bukanlah satu-satunya jejak tikus awan - mereka dapat menambahkan beberapa fosil lain ke dalam koleksi Museum Nasional Filipina.

"Beberapa dari fosil ini sebenarnya digali beberapa dekade yang lalu, pada tahun 1970-an dan 1980-an, dan mereka berada di museum, menunggu seseorang memiliki waktu untuk melakukan studi terperinci. Ketika kami mulai menganalisis bahan fosil, kami mengharapkan catatan fosil. untuk spesies hidup yang diketahui. Yang mengejutkan, kami menemukan bahwa kami berurusan tidak hanya dengan satu tapi tiga buot, atau spesies tikus awan raksasa yang sebelumnya tidak diketahui," kata Marian Reyes, seorang ahli kebun binatang di Museum Nasional Filipina, salah satu dari penulis studi.

Namun, para peneliti tidak memiliki banyak bahan untuk dikerjakan - hanya sekitar lima puluh fragmen. "Biasanya, ketika kita melihat kumpulan fosil, kita berurusan dengan ribuan dan ribuan fragmen sebelum Anda menemukan sesuatu yang langka dan sangat bagus," kata Ochoa. "Sungguh gila bahwa dalam lima puluh fragmen ini, kami menemukan tiga spesies baru yang belum pernah tercatat sebelumnya."

Fragmen yang ditemukan para peneliti sebagian besar adalah gigi, yang dilapisi zat enamel keras yang membuatnya lebih keras daripada tulang. Namun, hanya dari beberapa lusin gigi dan potongan tulang, para peneliti dapat mengumpulkan gambaran tentang seperti apa hewan-hewan ini dalam kehidupan, berkat, dalam kata-kata Heaney, "hari-hari dan hari-hari menatap melalui mikroskop"

Dengan membandingkan fosil tersebut dengan 18 spesies tikus awan raksasa yang masih hidup, para peneliti memiliki gambaran yang tepat tentang seperti apa rupa ketiga spesies fosil baru ini.

"Yang lebih besar akan terlihat hampir seperti woodchuck dengan ekor tupai," kata Heaney. "Tikus awan memakan tanaman, dan mereka memiliki perut buncit yang besar yang memungkinkan mereka untuk memfermentasi tanaman yang mereka makan, seperti sapi. Mereka memiliki ekor besar yang berbulu. Mereka sangat lucu."

Spesies fosil yang baru tercatat berasal dari Gua Callao, tempat ditemukannya Homo luzonensis pada tahun 2019, dan beberapa gua kecil yang berdekatan di Penablanca, Provinsi Cagayan. Beberapa spesimen dari ketiga fosil hewan pengerat baru muncul di lapisan dalam yang sama di dalam gua tempat Homo luzonensis ditemukan, yang diperkirakan berumur 67.000 tahun yang lalu. Salah satu fosil hewan pengerat baru diketahui hanya dari dua spesimen dari lapisan purba itu, tetapi dua lainnya diwakili oleh spesimen dari tanggal awal itu hingga sekitar 2000 tahun yang lalu atau setelahnya, yang berarti bahwa mereka ulet dan gigih selama. setidaknya 60.000 tahun.

"Catatan kami menunjukkan bahwa hewan pengerat raksasa ini mampu bertahan dari perubahan iklim yang mendalam dari Zaman Es ke tropis lembab saat ini yang telah memengaruhi bumi selama puluhan ribu tahun. Pertanyaannya adalah apa yang mungkin menyebabkan kepunahan terakhir mereka?" tambah Philip Piper, rekan penulis yang berbasis di Australian National University.

Dua dari hewan pengerat raksasa ini tampaknya menghilang sekitar dua ribu tahun yang lalu, atau segera setelahnya. "Tampaknya penting, karena pada saat itu kira-kira pada waktu yang sama saat tembikar dan perkakas batu Neolitik pertama kali muncul dalam catatan arkeologi, dan ketika anjing, babi peliharaan, dan mungkin monyet diperkenalkan ke Filipina, mungkin dari Kalimantan. Meskipun kami tidak bisa mengatakan secara pasti berdasarkan informasi kami saat ini, ini menyiratkan bahwa manusia kemungkinan memainkan beberapa peran dalam kepunahan mereka," kata Armand Mijares, Profesor di Program Studi Arkeologi di Universitas Filipina - Diliman, yang memimpin penggalian Gua Callao.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa studi masa depan yang mencari secara khusus fosil mamalia kecil mungkin sangat produktif, dan mungkin memberi tahu kita banyak hal tentang bagaimana perubahan lingkungan dan aktivitas manusia telah berdampak pada keanekaragaman hayati Filipina yang sangat khas," menurut Ochoa. Dan penelitian semacam itu mungkin juga memberi tahu kita banyak hal secara spesifik tentang dampak aktivitas manusia, mungkin secara khusus termasuk perburuan berlebihan, terhadap keanekaragaman hayati, catat Heaney. "Ini adalah sesuatu yang perlu kita pahami jika kita ingin efektif dalam mencegah kepunahan di masa depan."

(Materials provided by Field Museum)

***
Solo, Jumat, 30 April 2021. 11:11 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko