Mengenal Bobby Fischer [4] Saat Boris Spassky Memenangkan Duel di Olimpiade Catur

Duel yang paling di tunggu itu dimenangkan oleh Spassky yang akhirnya meraih papan terbaik di meja satu disusul Bobby Fischer di peringkat kedua.

Rabu, 10 Februari 2021 | 11:21 WIB
0
265
Mengenal Bobby Fischer [4] Saat Boris Spassky Memenangkan Duel di Olimpiade  Catur
Bobby Fischer lawan Boris Spassky di Olimpaide Catur (Foto: Chessbase.com)

Bobby Fischer delapan kali berpartisipasi di Kejurnas catur AS, memenangkan semuanya setidaknya dengan selisih satu poin. Hasil paling spektakuler adalah tahun 1963 saat Bobby juara dengan mencetak skor sensasional 11 kali menang dari 11 babak.

Pada tahun 1961, dia melewatkan Kejurnas AS karena sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti turnamen Interzonal tahun1962, sementara tahun 1964 tidak ada Kejurnas.

Dalam delapan kali keikutsertaannya di even bergengsi di AS ini, Fischer hanya kalah tiga kali dari Edmar Mednis, Samuel Reshevsky, dan Robert Byrne dengan menorehkan 61 kali menang, 26 kali remis, dan 3 kali kalah tadi.

Di turnamen beregu, Bobby Fischer tercatat empat kali, mengikuti Olimpiade Catur tahun 1960, 1962, 1966, dan 1970 dengan menempati papan satu, merebut dua medali perak dan satu medali perunggu individu.

Bobby Fischer menolak untuk bermain di Olimpiade Munich tahun 1958 ketika permintaannya untuk bermain di papan satu yang ditempati Samuel Reshevsky ditolak.

Pada tahun 1966, Fischer nyaris meraih pecatur terbaik papan satu Olimpiade jika saja dia mau menerima tawaran remis Florin Gheorghiu, tetapi karena Fischer bersikeras untuk melanjutkan pertandingan, dia malah berbalik kalah, dan itulah satu-satunya kekalahan Bobby di turnamen itu.

Pada Olimpiade Varna 1962, Fischer sesumbar mengatakan bahwa dia akan mengalahkan pecatur Argentina GM Miguel Najdorf dalam 25 langkah. Fischer benar-benar melakukannya bahkan lebih cepat dalam 24 langkah!

Fischer menjadi satu-satunya pecatur yang mengalahkan Najdorf di pesta catur dunia itu. Ironisnya, Najdorf kalah saat menggunakan variasi pembukaan yang dinamai menurut namanya: Sicilian Najdorf!

Fischer telah merencanakan untuk bermain di Olimpiade Catur Lugano 1968, tetapi mundur setelah Samuel Reshevsky menurut GM William Lombardy tidak bersedia memberikan tempatnya di papan satu.

Pada tahun 1974, Fischer setuju untuk ikut Olimpiade Catur ke-21 di Nice, Prancis, tetapi FIDE menolak permintaannya untuk bermain di ruangan terpisah dengan hanya ada Fischer, lawannya, dan penonton.

Foto di bawah ini berasal dari salah satu partai paling terkenal di abad ke-20 di Olimpiade Catur ke-19 pada bulan September 1970, di Siegen, Jerman Barat, dua tahun sebelum perebutan kejuaraan dunia di Reykjavík, Islandia.

Olimpiade ini ditonton sekitar 3.000 orang yang muncul ketika juara dunia saat itu GM Boris Spassky bertemu dengan calon juara dunia masa depan GM Bobby Fischer ketika tim USSR berhadapan dengan tim USA.

Duel yang paling di tunggu itu dimenangkan oleh Spassky yang akhirnya meraih papan terbaik di meja satu disusul Bobby Fischer di peringkat kedua.

Next: Bobby Fischer, 1960-1969

***

Tulisan sebelumnya: Mengenal Bobby Fischer [3] Dibantai Mikhail Tal Tanpa Balas