Elon Musk Jadi Manusia Terkaya se-Dunia

Orang kaya memang aneh. Suka-sukanya dia, dan semua menjadi perhatian. Semua menjadi cerita yang membuat kita ikut berkhayal.

Selasa, 2 November 2021 | 20:53 WIB
0
121
Elon Musk Jadi Manusia Terkaya se-Dunia
Elon Musk (Foto: Facebook/Tomi Lebang)

Topik yang tetiba menarik perhatian saya siang ini: sosok lelaki Amerika kelahiran Afrika bernama Elon Reeve Musk. Elon Musk rupanya kini menjadi orang terkaya di muka bumi. Wartawan ekonomi Jon Erlichman memberi gambaran kekayaan Elon Musk seperti ini: "Jika Anda membelanjakan satu juta dolar (14 miliar rupiah) setiap jam selama 38 tahun, segitulah nilai kekayaan Elon Musk."

Ya, Elon Musk kini jadi orang terkaya dengan harta senilai 335 miliar dolar atau sekitar 4.700 triliun rupiah -- lebih besar dari gabungan harta bos Microsoft Bill Gates dan pemilik Amazon Jeff Bezos.

Dari mana harta Elon Musk itu? Sumber utamanya dua: perusahaan otomotif yang terkenal dengan mobil-mobil listriknya, Tesla, dan perusahaan transportasi angkasa luar SpaceX. Nilai Tesla kini menjangkau 1 triliun dolar dan SpaceX lebih dari 100 miliar dolar.

Di luar itu, Elon Musk masih punya sejumlah usaha lain seperti PayPal.

Elon Musk adalah lelaki berusia 50 tahun dengan segala gagasan spektakuler yang mengendap di kepalanya. Dialah yang berusaha mewujudkan Hyperloop, kereta berkecepatan super, 1.200 kilometer per jam. Ia sedang merancang pembangunan koloni manusia di planet Mars.

Sang tycoon juga tengah menggagas telepon genggam yang jauh lebih canggih dari semua jenis telepon termutakhir yang kini beredar di pasar: Tesla Phone, telepon pintar yang terhubung dengan satelit Starlink SpaceX.

Pendapat-pendapatnya kini menjadi rujukan dunia terutama di bidang-bidang yang mengait ke masa depan seperti soal kecerdasan buatan, mata uang kripto, dan tentu saja transportasi cepat.

Elon Musk tidak sekadar kaya, tapi juga jenius dan sedikit urakan.

Di mana gerangan Elon Musk bermukim? Rupanya ia bosan dengan kehidupan yang serba mewah. Ia betah tinggal di rumah kotak sewaan, ukuran tak lebih 70 meter persegi di daerah Texas. Ia senang di rumah mungil itu karena dekat dengan fasilitas uji coba SpaceX.

Orang kaya memang aneh. Suka-sukanya dia, dan semua menjadi perhatian. Semua menjadi cerita yang membuat kita ikut berkhayal.

***