Ahmad Dhani

Rabu, 30 Januari 2019 | 19:36 WIB
0
260
Ahmad Dhani
Ahmad Dhani (Foto: Facebook/Tarli Nugroho)

Beberapa kali berbincang dengannya, atau memperhatikan dia berdiskusi dengan sejumlah orang, saya tahu Dhani adalah pembaca yang rakus. Referensi bacaannya banyak.

Bahkan, untuk beberapa subyek, misalnnya mengenai Rumi, kajiannya cukup dalam. Cara berargumennya juga menunjukkan jika dia sangat intelek.

Sebelum musim kampanye, dulu hampir tiap akhir pekan saya menjumpainya sedang berburu buku-buku tua di bilangan Jakarta Selatan. Ya, selain mengkoleksi sepatu, gitar, dan patung burung garuda Pancasila dari berbagai periode dan bahan, dia juga mengkoleksi banyak buku tua.

Di dunia selebritas, Dhani adalah satu dari sedikit orang yang artikulasi linguistiknya sangat bagus. Ia punya seribu satu cara untuk mengekspresikan komentar, posisi, dan penilaian yang jika dilakukan oleh orang lain pastilah akan jatuh menjadi klise dan bikin boring.

Itu sebabnya, jika Anda adalah penonton Indonesian Idol, atau X Factor Indonesia, absennya Dhani sebagai juri meninggalkan sebuah lubang besar.

Dhani memang penuh kontroversi. Tapi di luar sikap urakannya, yang tetap pantas karena dia adalah seniman, Dhani bukanlah seorang picisan. Sebagai selebritas, ia pandai menyimpan rahasia. Ia tak mengekspose kehidupan pribadinya.

Dalam Pileg nanti, Dhani adalah Caleg DPR RI dari Partai Gerindra untuk Dapil Jatim I. Kemarin ia divonis dengan delik ujaran kebencian berbau SARA. Anehnya, kita hingga hari ini tidak tahu, siapa subyek yang dirugikan oleh ujaran kebencian yang disangkakan kepadanya.

Anda sudah membaca kan cuitan yang telah membawanya ke kursi pesakitan?!

Pada hal-hal muskil semacam inilah kita hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala...

***