Ada Berapa T. rex? Miliaran

Pengetahuan kita tentang T. rex telah berkembang begitu pesat dalam beberapa dekade terakhir berkat lebih banyak fosil.

Selasa, 20 April 2021 | 16:47 WIB
0
198
Ada Berapa T. rex? Miliaran
ilustr: Tyrannosaurs illustration (stock image)

Analisis tentang apa yang diketahui tentang dinosaurus mengarah pada kesimpulan bahwa ada 2,5 miliar dari waktu ke waktu.

Berapa banyak Tyrannosaurus rex yang berkeliaran di Amerika Utara selama periode Cretaceous?

Itulah pertanyaan Charles Marshall mengganggu rekan-rekan ahli paleontologi selama bertahun-tahun sampai dia akhirnya bekerja sama dengan murid-muridnya untuk menemukan jawaban.

Apa yang ditemukan tim, yang akan diterbitkan minggu ini di jurnal Science, adalah bahwa sekitar 20.000 T. rex dewasa mungkin hidup pada satu waktu, memberi atau mengambil faktor 10, yang merupakan perkiraan sebagian besar koleganya. .

Apa yang sedikit ahli paleontologi telah pahami sepenuhnya, katanya, termasuk dirinya sendiri, adalah bahwa ini berarti bahwa sekitar 2,5 miliar hidup dan mati selama sekitar 2 1/2 juta tahun dinosaurus berjalan di bumi.

Hingga saat ini, belum ada yang mampu menghitung jumlah populasi hewan yang sudah lama punah, dan George Gaylord Simpson, salah satu ahli paleontologi paling berpengaruh di abad terakhir, merasa bahwa hal itu tidak dapat dilakukan.

Marshall, direktur Museum Paleontologi Universitas California, Ketua Paleontologi Philip Sandford Boone dan profesor biologi integratif dan ilmu bumi dan planet UC Berkeley, juga terkejut bahwa perhitungan seperti itu mungkin dilakukan.

"Proyek ini baru saja dimulai sebagai lelucon," katanya. "Ketika saya memegang fosil di tangan saya, saya bertanya-tanya pada kemustahilan bahwa binatang ini hidup jutaan tahun yang lalu, dan di sini saya memegang sebagian dari kerangkanya - tampaknya sangat mustahil. Pertanyaan itu terus berlanjut. muncul di kepalaku, 'Seberapa tidak mungkin itu? Apakah itu satu dalam seribu, satu dalam satu juta, satu dalam satu miliar?' Dan kemudian saya mulai menyadari bahwa mungkin kita sebenarnya dapat memperkirakan berapa banyak yang hidup, dan dengan demikian, saya dapat menjawab pertanyaan itu. "

Marshall dengan cepat menunjukkan bahwa ketidakpastian dalam perkiraan itu besar.

Sementara populasi T. rexes kemungkinan besar adalah 20.000 orang dewasa pada suatu waktu, kisaran kepercayaan 95% - kisaran populasi di mana terdapat 95% kemungkinan bahwa jumlah sebenarnya berada - adalah dari 1.300 hingga 328.000 individu. Dengan demikian, jumlah total individu yang ada selama masa hidup spesies bisa berkisar antara 140 juta hingga 42 miliar.

"Seperti yang diamati Simpson, sangat sulit membuat perkiraan kuantitatif dengan catatan fosil," katanya. "Dalam studi kami, kami fokus dalam mengembangkan batasan yang kuat pada variabel yang kami butuhkan untuk membuat perhitungan kami, daripada berfokus pada membuat perkiraan terbaik, per se."

Dia dan timnya kemudian menggunakan simulasi komputer Monte Carlo untuk menentukan bagaimana ketidakpastian dalam data diterjemahkan menjadi ketidakpastian dalam hasil.

Ketidakpastian terbesar dalam angka-angka ini, kata Marshall, berpusat pada pertanyaan tentang sifat sebenarnya dari ekologi dinosaurus, termasuk bagaimana T. rex berdarah panas itu. Studi ini mengandalkan data yang diterbitkan oleh John Damuth dari UC Santa Barbara yang menghubungkan massa tubuh dengan kepadatan populasi hewan hidup, hubungan yang dikenal sebagai Hukum Damuth. Meski hubungannya kuat, katanya, perbedaan ekologis menghasilkan variasi yang besar dalam kepadatan populasi hewan dengan relung fisiologi dan ekologis yang sama. Misalnya, jaguar dan hyena berukuran hampir sama, tetapi hyena ditemukan di habitatnya dengan kepadatan 50 kali lebih besar daripada kepadatan jaguar di habitatnya.

"Perhitungan kami bergantung pada hubungan hewan yang hidup antara massa tubuh dan kepadatan populasinya, tetapi ketidakpastian dalam hubungan tersebut mencakup sekitar dua lipat," kata Marshall. "Anehnya, kemudian, ketidakpastian dalam perkiraan kami didominasi oleh variabilitas ekologis ini dan bukan dari ketidakpastian dalam data paleontologis yang kami gunakan."

Sebagai bagian dari perhitungan, Marshall memilih untuk memperlakukan T. rex sebagai pemangsa dengan kebutuhan energi setengah dari singa dan komodo, kadal terbesar di Bumi.

Masalah tempat T. rex dalam ekosistem membuat Marshall dan timnya mengabaikan T. rexes remaja, yang kurang terwakili dalam catatan fosil dan mungkin, pada kenyataannya, hidup terpisah dari orang dewasa dan mengejar mangsa yang berbeda. Saat T. rex menjadi dewasa, rahangnya menjadi lebih kuat dengan urutan besarnya, memungkinkannya untuk menghancurkan tulang. Ini menunjukkan bahwa remaja dan dewasa memakan mangsa yang berbeda dan hampir seperti spesies predator yang berbeda.

Kemungkinan ini didukung oleh penelitian terbaru, yang dipimpin oleh ahli biologi evolusi Felicia Smith dari University of New Mexico, yang berhipotesis bahwa tidak adanya predator berukuran sedang di samping T. rex predator masif selama masa Kapur akhir adalah karena T. rex remaja mengisi ceruk ekologis itu.

Apa yang dikatakan fosil itu

Ilmuwan UC Berkeley menggali literatur ilmiah dan keahlian rekan untuk data yang mereka gunakan untuk memperkirakan bahwa kemungkinan usia kematangan seksual T. rex adalah 15,5 tahun; umur maksimumnya mungkin sampai akhir 20-an; dan massa tubuh rata-rata saat dewasa - yang disebut massa tubuh ekologis, - adalah sekitar 5.200 kilogram, atau 5,2 ton. Mereka juga menggunakan data tentang seberapa cepat T. rexes tumbuh selama rentang hidup mereka: Mereka memiliki lonjakan pertumbuhan di sekitar kematangan seksual dan dapat tumbuh hingga beratnya sekitar 7.000 kilogram, atau 7 ton.

Dari perkiraan ini, mereka juga menghitung bahwa setiap generasi berlangsung sekitar 19 tahun, dan kepadatan populasi rata-rata adalah sekitar satu dinosaurus untuk setiap 100 kilometer persegi.

Kemudian, dengan memperkirakan bahwa total kisaran geografis T. rex adalah sekitar 2,3 juta kilometer persegi, dan spesies tersebut bertahan selama kira-kira 2 1/2 juta tahun, mereka menghitung ukuran populasi berdiri 20.000. Lebih dari total sekitar 127.000 generasi spesies ini hidup, yang berarti sekitar 2,5 miliar individu secara keseluruhan.

Dengan sejumlah besar dinosaurus pasca-remaja sepanjang sejarah spesies, belum lagi remaja yang mungkin lebih banyak, ke mana perginya semua tulang itu? Berapa proporsi dari individu-individu ini yang telah ditemukan oleh ahli paleontologi? Hingga saat ini, kurang dari 100 individu T. rex telah ditemukan, banyak di antaranya diwakili oleh satu tulang fosil.

"Ada sekitar 32 T. rex pasca remaja yang relatif terawat baik di museum umum saat ini," katanya. "Dari semua orang dewasa pasca-remaja yang pernah hidup, ini berarti kita memiliki sekitar satu dari 80 juta di antaranya."

"Jika kami membatasi analisis kami tentang tingkat pemulihan fosil pada tempat fosil T. rex paling umum, bagian dari Formasi Hell Creek yang terkenal di Montana, kami memperkirakan kami telah menemukan sekitar satu dari 16.000 T. rex yang hidup di sana. wilayah selama selang waktu itu batuan itu diendapkan, "tambahnya. "Kami terkejut dengan jumlah ini; catatan fosil ini memiliki representasi makhluk hidup yang jauh lebih tinggi daripada yang saya perkirakan sebelumnya. Bisa jadi sebaik satu dari 1.000, jika hampir tidak ada yang hidup di sana, atau bisa serendah satu di seperempat juta, mengingat ketidakpastian dalam perkiraan kepadatan populasi binatang itu. "

Marshall mengharapkan rekan-rekannya akan berdebat dengan banyak, jika tidak sebagian besar, dari jumlah tersebut, tetapi dia percaya bahwa kerangka kalkulasi untuk memperkirakan populasi punah akan bertahan dan berguna untuk memperkirakan populasi makhluk fosil lainnya.

"Dalam beberapa hal, ini telah menjadi latihan paleontologis tentang seberapa banyak kita bisa tahu, dan bagaimana kita mengetahuinya," katanya. "Sungguh mengejutkan betapa kita benar-benar mengetahui tentang dinosaurus ini dan, dari situ, seberapa banyak lagi yang dapat kita hitung. Pengetahuan kita tentang T. rex telah berkembang begitu pesat dalam beberapa dekade terakhir berkat lebih banyak fosil, lebih banyak cara menganalisis mereka, dan lebih baik cara untuk mengintegrasikan informasi atas berbagai fosil yang diketahui."

Kerangka kerja tersebut, yang para peneliti telah sediakan sebagai kode komputer, juga meletakkan dasar untuk memperkirakan berapa banyak spesies yang mungkin terlewatkan oleh ahli paleontologi saat menggali fosil, katanya.

"Dengan angka-angka ini, kami dapat mulai memperkirakan berapa banyak spesies berumur pendek yang terspesialisasi secara geografis yang mungkin hilang dalam rekaman fosil," katanya. "Ini mungkin cara untuk mulai mengukur apa yang tidak kita ketahui."

(Materials provided by University of California - Berkeley)

***
Solo, Selasa, 20 April 2021. 4:04 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko