Akbar Faizal

Disertasinya menelanjangi berbagai praktik oligarki partai yang sangat menentukan dan menguasai jabatan-jabatan publik dan partai di negeri ini dan dinasti-dinasti yang terbentuk dalam partai.

Rabu, 2 Oktober 2019 | 07:18 WIB
0
352
Akbar Faizal
Saya dan Akbar Faizal (Foto: Dok. pribadi)

Mengantar sahabat Akbar Faizal yang pagi ini berjuang di hadapan guru-guru besar dan para bintang, dalam ujian promosi doktor di Universitas Negeri Makassar.

Akbar mempertahankan disertasi yang sungguh faktual, menarik, dan seputar dunia yang digelutinya belasan tahun belakangan ini: dunia politik.

Judulnya pop dan terang benderang, "Oligarki Partai Politik: Studi Pengisian Jabatan Publik Hasil Pemilu 1999-2019".

Disertasinya menelanjangi berbagai praktik oligarki partai yang sangat menentukan dan menguasai jabatan-jabatan publik dan partai di negeri ini, dinasti-dinasti yang terbentuk dalam partai sampai kekuasaan kepala daerah, peran para cukong, dan sebagainya.

Sebagai kandidat doktor dengan pengalaman panjang menjadi jurnalis di berbagai media sebelum memasuki dunia politik, Akbar melakukan penelitian dan menyusun disertasinya dengan sabar dan tekun bertahun-tahun lamanya. Bisalah dibayangkan betapa menarik isi dan pemaparan disertasinya ini.

Oh ya, ruang teater di Menara Pinisi UNM yang menjadi ruang ujian promosi hari ini sungguh dipenuhi para bintang: Ketua MPR RI, dua menteri, gubernur, hakim agung dan MK, dll.

Selamat kepada sahabat, Doktor Akbar Faizal!

***