Gubernur Andi Sudirman Sulaiman

Hidupnya sederhana sampai-sampai masih menyempatkan diri mengantar anak ke sekolah dengan sepeda motor.

Kamis, 10 Maret 2022 | 12:29 WIB
0
106
Gubernur Andi Sudirman Sulaiman
Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (Foto: Facebook.com)

Kami satu almamater, bahkan kuliah satu jurusan di Teknik Mesin. Tapi dia begitu muda atau bisa jadi saya yang sudah tua. Bayangkanlah, saya sudah dua tahun lulus -- itu pun setelah kuliah tujuh tahun -- dan Andi Sudirman Sulaiman baru masuk kuliah di Universitas Hasanuddin. Karena itulah, kami tak pernah bertemu di kampus.

Dia benar-benar muda. Dan hari ini, anak muda itu resmi menjadi Gubernur Sulawesi Selatan, menjadi orang nomor satu di provinsi besar di republik Indonesia.

Hanya soal usia itu sajalah yang saya tahu pasti tentang sang gubernur. Tapi dari perbincangan dengan kawan-kawan dari Makassar, saya mendengar banyak yang baik-baik tentang dirinya. 

Hidupnya sederhana sampai-sampai masih menyempatkan diri mengantar anak ke sekolah dengan sepeda motor, istrinya tidak "ikut berkuasa", tidak mendaku-daku diri sebagai orang besar, ahli ibadah, santun, dan cukup bersih dari rumor, intrik, dan tikung-menikung politik. 

Sejauh ini tak ada isu atau suara sumbang tentang pengelolaan duit negara yang mengaitkan namanya semenjak menjadi wakil gubernur sampai kemudian beberapa lama ia menjadi pejabat gubernur. 

Saya sempat mendengar pidatonya di hadapan Presiden dan para menteri saat peresmian sebuah waduk di pinggiran Makassar setahun lalu. Ia fasih berbicara, menghapal kebutuhan daerahnya yang hendak diajukan ke pemerintah pusat, sampai-sampai Presiden Jokowi berkomentar: "Wah, banyak benar permintaan Pak Gubernur".

Begitulah. Kepada Andi Sudirman Sulaiman, kita patut menyambut dan menyampaikan selamat. Selebihnya, kita berserah kepada waktu yang kerap menggerus ingatan. 

Selamat kepada Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan.

***