Local Paradox

Tokoh yang sangat kontroversial di mata orang Batak ini, justru banyak dielu-elukan. Pengacara yang banyak dihujat kaum Batak pemuja adat ini, justru diperlakukan sebaliknya kemarin itu.

Kamis, 21 April 2022 | 08:55 WIB
0
91
Local Paradox
Hotman Paris Hutapea (Foto: dok. Pribadi)

TAHUN 1985 dalam buku Global Paradox, John Naisbitt mengatakan bahwa: semakin besar ekonomi dunia, semakin kuat perusahaan kecil. Naaah...kali ini saya memakai istilah lain, yaitu Local Paradox. Istilah untuk konteks yang lain.

INI untuk menggambarkan fenomena lain yang juga sama-sama anomali. Kebetulan, konteksnya yang ada di dalam kultur masyarakat Batak. Persisnya tentang fenomena seorang pengacara kondang bernama Hotman Paris Hutapea...hehehe.

BAIDEWEI, libur panjang 3 hari pada Hari Raya Paskah kemarin, kota Balige (Danau Toba) rame banget. Ternyata, bejibun orang Batak yang pulang kampung. Penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta menuju Bandara Silangit, Siborongborong penuh.

SAYA yang kebetulan sedang berada di Balige, persisnya di depan Balerong, Pasar Balige melihat sendiri, banyak sliweran moge patwal polisi yang sirenenya meraung-raung.

Banyak tokoh/pejabat tinggi Batak yang baru datang dari bandara dikawal.

SALAH dua pesohor yang saya tahu sedang datang berlibur ke Balige adalah Menteri Luhut Binsar Panjaitan dan pengacara Hotman Paris Hutapea. Kalo opung Luhut, banyak beraktivitas di kampusnya, Institut Teknologi Del di desa Sitoluama, Laguboti.

SEMENTARA, bang Hotman terciduk lagi makan durian di trotoar Pasar Balige. Tokoh yang sangat kontroversial di mata orang Batak ini, justru banyak dielu-elukan. Pengacara yang banyak dihujat kaum Batak pemuja adat ini, justru diperlakukan sebaliknya kemarin itu.

BEJIBUN emak-emak Batak pedagang Pasar Balige, datang berlarian merubunginya. Mereka berebut minta foto bareng. Salah satunya ibu Friska Napitupulu. Pedagang mie gomak ini sampai bela-belain membawa serta bocahnya, si Najwa demi ikut berfoto.

Inilah "local paradox" massa. Ternyata Hotman Paris, gak seapes Ade Armando...hehehe

***

.