Gak Ada yang Lolos Sertifikasi

Wacana sertifikasi sudah beberapa kali di dengar lalu ambiyar. Kenapa begitu sulit melakukan hal yang sangat dibutuhkan itu.

Jumat, 18 Februari 2022 | 22:04 WIB
0
108
Gak Ada yang Lolos Sertifikasi
Ilustrasi penceramah (Foto: viva.co.id)

Masih ingat saat setelah dilantik, Menag tampil beda dengan mengatakan bahwa dia adalah Menag Indonesia yang berdiri di atas semua agama.

Tidak berapa lama kemudian terdengar wacana mensiertifikasi para penceramah agama yang belakangan cenderung liar malah sudah menjurus kepada mengumbar permusuhan.

Ada yang menyerang agama lain, ada yang menyerang budaya Nusantara yang sudah berumur ratusan tahun. Terakhir Basalamah yang menghina wayang. Dan disebutnya wayang haram, harus dimusnahkan. Yakin lu bisa, coba saja, mungkin pakai bantuan Ari Untung atau Rafi Ahmad.

Penceramah agama Islam di Indonesia ini wuenak pol, ngapal Asmaul Husna, ingat juz amma, ngapali doa satu dua, bisa njeplak di mimbar langsung tampil, Joss viral. Mau sedikit kuat tambah jenggot, pakai gamis, langsung laris.

Wacana sertifikasi sudah beberapa kali di dengar lalu ambiyar. Kenapa begitu sulit melakukan hal yang sangat dibutuhkan itu.

Apa karena memang penceramah tidak banyak yang bakal lolos mendapat sertifikat, kualifikasinya entah apa kita yang awam pastilah tak paham.

Tapi yang pasti tidak boleh mulutnya bocor ga berdasar. Mengartikan makna "lakum dinukum waliadhien " saja tak mampu, bagaimana bisa dikata berilmu.

Mungkin tidak terealisirnya sertifikasi karena takut kekurangan penceramah Jumat, sehingga kalau dipaksa jumatan bisa ditunda atau giliran. Misal masjid A jam 11.45, masjid B jam 13.00 begitu terus sampai datang waktu ashar.

Soal makanan bahkan kulkas MUI fokus dengan sertifikat halal, padahal yang dijaga hanya mulut sampai perut dan jadi sampah.

Ini soal konsumsi akhlak malah sampah berkeliaran di mimbar masjid dibiarkan. Kita memang selalu gagal fokus. Makanya ada balapan gak ada sirkuit tiketnya di jual duluan, dan ada yang beli pula.

Kend Subiakto

***