Landscape Politik 2024 yang Akan Berubah, Siklus 10 Tahunan

Rabu, 14 Februari 2024 | 18:44 WIB
0
79
Landscape Politik 2024 yang Akan Berubah, Siklus 10 Tahunan
Ilustrasi Belajar (Koleksi Geotimes)

Makassar, hari H pencoblosan selesai. Petugas di TPS sementara merekap. Saat ini, 19:36 wita, satu persatu kotak selesai dihitung dan C-1 ditempelkan.

Selama 10 tahun terakhir, PDIP menjadi penguasa nasional, baik di parlemen maupun di kursi eksekutif. Walaupun dalam skala provinsi maupun kabupaten/kota, berbeda-beda. Itulah sistem pemilihan parlemen dan eksekutif Indonesia yang menghasilkan konfigurasi politik berbeda di setiap tingkatan.

Dua hal yang akan dihasilkan dari pemilu hari ini. Pertama hasil pemilihan presiden. Kedua, akan didapatkan tiket untuk pemilihan kepala daerah di kabupaten/kota dan provinsi.

Dengan adanya tiket, maka akan ada komunikasi dan membentuknya koalisi yang tidak sama di tingkat nasional dengan pemilihan kepala daerah yang menjadi partai pengusung.

Ini yang akan dijadikan dasar untuk pemilukada yang dijadwalkan juga di tahun 2024 ini. Sehingga dengan landscape anggota legislatif yang ada, sekaligus sebagai tiket menuju kursi bupati, walikota, dan gubernur yang akan berlangsung Nov 2024.

Sementara tiket pilpres 2029 juga sudah terlihat. Sehingga sudah ada dasar untuk negosisasi bagi pilpres 2029.

Pesta selesai, dan saatnya kembali bekerja.