Menjadi Pemilih Cerdas dengan Lawan Hoax Demi Keberlanjutan Kepemimpinan Nasional

Rabu, 13 Maret 2019 | 18:34 WIB
0
86
Menjadi Pemilih Cerdas dengan Lawan Hoax Demi Keberlanjutan Kepemimpinan Nasional
Foto : kataindonesia.com

Akhir-akhir ini, terutama ketika menjelang pemilihan umum 2019, dunia maya dipenuhi dengan beredarnya berita-berita bohong atau hoax. Tentunya hal ini sangat meresahkan dan menyebabkan iklim persaingan yang tidak sehat.

Maraknya berita hoax yang beredar membuat masyarakat Indonesia terjebak dalam pertarungan kotor para elit politik yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Hal ini membuat masyarakat Indonesia terpecah belah dan akhirnya meminggirkan persatuan.

Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan.

Jika dibiarkan begitu saja cita-cita pemilu 2019 yang adil dan bermartabat tidak akan pernah tercipta dan hanya sekedar wacana saja. Dikhawatirkan nantinya program keberlanjutan kepemimpinan nasional tidak akan berjalan dengan baik dan efisien.

Itulah mengapa mulai saat ini masyarakat Indonesia dihimbau untuk turun serta melawan berita palsu atau hoax yang tersebar di dunia maya yang setiap hari kita akses di dalam genggaman tangan kita.

Mari kita sebarkan doo doa dan konten positif di medsos untuk harapan agar Pemilu 2019 berjalan dengan damai berkualitas dan bermartabat sehingga keberlanjutan kepemimpinan nasional dapat berlangsung sukses dan pembangunan nasional yang gencar dilaksnakan dapat dilanjutkan.

Salah satu cara melawan hoax yang beredar adalah dengan menumbuhkan sikap kritis di dalam diri kita. Ketika sifat kritis tersebut sudah tumbuh, maka ke depannya kita akan mudah membandingkan antara berita asli dan berita palsu.

Menumbuhkan sifat kritis sangat bergantung pada tingginya minat baca kita.

Jika kita memang ingin memiliki sifat kritis di dalam diri, kita harus rajin dan tidak malas dalam membaca semua berita yang singgah di perangkat lunak kita.

Saat minat baca, sifat kritis, dan kemauan dalam melawan hoax telah benar-benar kita kuasai, maka kita akan mampu menjadi pemilih yang bijak dalam gelaran pemilu 2019 ini dan keberlanjutan kepemimpinan nasional akan benar-benar terwujud dengan sukses dan damai.

***