Si Fulan & Bung Polan

Begitulah. Dalam politik, lingkaran berputar dan berkisar dengan begitu cepat dan mengejutkan.

Sabtu, 20 Mei 2023 | 11:20 WIB
0
118
Si Fulan & Bung Polan
Gibran dan Prabowo (Foto: facebook.com/Tomi Lebang)

Prabowo bertemu Gibran di Solo dan mendapat dukungan luas dari para eks sukarelawan Jokowi. Isu mencuat, Prabowo mau berpasangan dengan sang walikota. 

Prabowo bertemu Muhaimin Iskandar, Ketua Umum

PKB yang balihonya pernah terpampang di mana-mana sebagai calon wapres, isu yang beredar Prabowo akan menggandeng Muhaimin di Pilpres 2024.

Eh, Prabowo juga bertemu Airlangga Hartarto, Ketum Partai Golkar yang jadi pentolan koalisi Indonesia Baru, muncul lagi kabar Prabowo-Airlangga. Bahkan ada isu liar bahwa untuk posisi ini, Airlangga "menyelesaikan" mahar dukungan ke Muhaimin. 

Bagaimana dengan capres lain? Ganjar Pranowo duduk bersanding dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, di sebuah acara di Manado, langsung muncul ulasan dari berbagai penjuru tentang duet barat-timur Indonesia: Ganjar-Nasaruddin.

Sebelumnya, Ganjar sudah diisukan bakal berpasangan dengan Erick Thohir, tokoh muda yang setiap geraknya diposting di Instagram dan disebar para komisaris. Ada juga isu Ganjar-Muhaimin entah dari sas-sus siapa, lalu Ganjar-Sandiaga Uno, dan lain-lain.

Lalu Anies Baswedan, calon presiden yang paling dahulu dideklarasikan. Nama-nama calon pasangannya sudah sedari dulu muncul tenggelam, kadang tua, kadang muda. Pernah ada nama Agus Harimurti Yudhoyono, Ahmad Heryawan, Airlangga Hartarto, Khofifah Parawansa, dll.

Lima bulan menjelang pendaftaran resmi calon presiden dan wakil presiden, para politisi terlihat mondar mandir mematut-matutkan diri, menebar pesona dan citra, menghitung-hitung suara dan mungkin biaya yang muaranya adalah kekuasaan belaka.

Sebagian rakyat sudah membentuk barisan, tim sukses, atau sekadar menegaskan dukungan di media sosial. Perang kata tipis-tipis tapi ragu-ragu mulai terhampar. 

Begitulah. Dalam politik, lingkaran berputar dan berkisar dengan begitu cepat dan mengejutkan.

Tahun kemarin engkau begitu membenci si fulan dan memuja si polan, tahun ini fulan dan polan bisa muncul bergandengan tangan.

Jaga keseimbangan, juga kewarasan.

***