Ini Keinginan Sutopo Sebelum Wafat

Bahkan dalam kondisi bolak-balik masuk rumah sakit, beliau masih terus berusaha memantau dan melaporkan situasi dan keadaan bencana.

Minggu, 7 Juli 2019 | 17:42 WIB
0
50
Ini Keinginan Sutopo Sebelum Wafat
Foto: Kompas.com


“Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau”.

Begitulah tweet Kabar duka tersebut tersiar dari akun Twitter resmi milik Direktorat Pengurangan Risiko Bencana BNPB sekitar pukul 03.00 WIB.

Sutopo yang divonis kanker paru stadium empat saat pertama kali mengetahui penyakitnya mengaku kaget karena dirinya bukan perokok dan menjaga pola makan sehat.

Kalau melihat aktivitasnya dalam memantau setiap bencana yang seeing terjadi, kita tidak akan mengira kalau beliau mengidap kanker paru-paru stadium empat, karena dalam kondisi sakit begitupun tidak menghentikan aktivitasnya sama sekali.

Bahkan dalam kondisi bolak-balik masuk rumah sakit, beliau masih terus berusaha memantau dan melaporkan situasi dan keadaan bencana. Seringkali Sutopo mengklarivikasi berita Hoaks terkait bencana, hal itupun dianggap sebagai tanggung jawabnya.

2 Impian Sederhana Sutopo

Ada 2 impiannya yang sudah terwujud sebelum beliau wafat, impian itu begitu sederhana, yang pertama, Sutopo ingin sekali bertemu dengan Penyanyi pujaannya, Raisa Adriana. Rupanya gayungpun bersambut, keinginannya tersebut disambut baik oleh Raisya.

Pertemuan itu diunggah Sutopo di akun Twitter miliknya pada Selasa (6/11/2018).
Pertemuan tersebut diluapkannya dengan suka cita, penyanyi idolanya hadir dihadapannya dalam sebuah konser Raisa.

Raisa bahkan menyanyikan beberapa lagu untuk Sutopo yang duduk di kursi terdepan dari puluhan penonton yang hadir.

"Horreee akhirnya bertemu Raisa. Malah Raisa nyanyi di depan saya," tulisnya di akun Twitternya.


Yang kedua, Sutopo ingin sekali bertemu dan bertatap muka dengan Presiden Jokowi. Keinginan tersebut rupanya didengar oleh Presiden Jokowi, dan akhirnya Sutopo diundang ke Istana. Pertemuan tersebut sangat memberikan kesan yang dalam bagi Sutopo.

Keinginan itupun akhirnya terwujud, Sutopo telah bertemu Presiden Joko Widodo pada Jumat (5/9/2018). Sutopo hadir di Istana Kepresidenan, Bogor pukul 13.45 WIB dan langsung diterima oleh sang presiden.

"Apa kabar, Pak Sutopo?" sapa Jokowi.

"Alhamdulilah sehat, Pak," jawab Sutopo.

Sapaan hangat seorang pemimpin tertinggi dinegeri ini tentu saja membuat Sutopo merasa sangat dihargai. Mungkin ini adalah sebuah kenangan yang Indah sebelum kematiannya.


Setelah dipersilahkan duduk, Sutopo menyampaikan terima kasihnya pada Presiden Jokowi karena telah mengundangnya.

"Terima kasih sekali bisa bertemu Presiden. Sudah lama sekali saya ingin bertemu," kata Sutopo.

Kini Sutopo telah meninggalkan kita semua, apa yang sudah dilakukannya untuk kepentingan Bangsa dan Negara patut diteladani. Sutopo mendedikasikan pengabdiannya sampai akhir hayatnya.

Hampir tidak pernah mengeluhkan sakitnya disaat sedang bertugas, tetap ceria tidak seperti orang yang sedang menghadapi sakit kanker paru-paru stadium empat.

***