Lapas Kelas I Malang Ikut Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila via Online

Kamis, 1 Juni 2023 | 13:59 WIB
0
44
Lapas Kelas I Malang Ikut Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila via Online
Lapas Kelas I Malang Ikut Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila via Online | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (1/06/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang digelar di Lapangan Selatan Monas, Jakarta.

Kegiatan pada Kamis (1/06/2023)  dilaksanakan via Online menggunakan aplikasi zoom. Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari bersama Pejabat Struktural dan Petugas Lapas Kelas I Malang mengikuti kegiatan dari Ruang Rapat Atas dengan menggunakan pakaian adat daerah.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Sedang yang akan menjadi Komandan Upacara adalah Direktur Lalu Lintas Polda Daerah DIY, Alfian Nurrizal. Kemudian, Arkamelvi Kamani didapuk menjadi Perwira Upacara Komando Garnisun Tetap (Kasko Gartap).

Dalam sambutannya, Joko Widodo menyinggung beberapa persoalan seperti upaya di era pemerintahannya dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan merata. Beliau menambahkan sebagai negara besar, Indonesia siap memimpin, bekerjasama dan berkolaborasi dengan negara mana pun.

"Keadilan, kemerataan dan kesejahteraan adalah hal yang ingin kita majukan," tegas Joko Widodo.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari menyampaikan Hari Lahir Pancasila ini menjadi pengingat ketika sebuah ideologi mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu semangat kesatuan berupa persatuan Indonesia.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)