Kita Harus Bersatu Tanpa Membedakan Suku dan Agama Agar Indonesia Menjadi Besar

Selasa, 24 Januari 2023 | 22:20 WIB
0
30
Kita Harus Bersatu Tanpa Membedakan Suku dan Agama Agar Indonesia Menjadi Besar
Ketua LMP Mada Provinsi DKI Jakarta

Jakarta, Januari 2023. Lucky Sunarya, SH Ketua LMP Mada Provinsi DKI Jakarta menjelaskan bahwa dalam sikapnya Gus Dur itu memang boleh dikatakan harus menjadi panutan bagi bangsa kita ini. Karena beliau bukan hanya tokoh Indonesia tetapi juga tokoh Dunia. Dengan toleransi yang beliau tanamkan dan itu membuat pemersatu nusa dan bangsa khususnya kita bangsa Indonesia karena toleransi itu jarang sekali mungkin di dunia. Kita lihat perbedaan antara bangsa kita dengan bangsa-bangsa lain. Maka dari itu saat beliau menjadi Presiden Republik Indonesia walaupun hanya 2 tahun tetapi dengan gebrakan-gebrakan beliau yang memang sangat dinamika untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Khususnya dengan diberikannya kebebasan bagi kaum masyarakat Tionghoa agar bisa mengikuti Tahun Baru Imlek.

Tahun Baru Imlek ini sejak jamannya Bung Karno itu sangat tertutup. Tetapi setelah beliau menjadi Presiden maka dibebaskan dan dicabut Keputusan Presiden tersebut agar diberi kebebasan karena kita ini negara majemuk dan masyarakat yang bertoleransi sesama umat beragama yang ada di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa Laskar Merah Putih adalah merupakan komponen anak bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke tanpa membedakan Suku, Agama, Ras yang ada di Indonesia ini. Maka dari itu kita Agama apapun, Suku apapun itu harus bersatu agar Indonesia ini menjadi besar. Kita selalu toleransi, mau dia mengadakan misalnya Natal dan agama-agama yang lainnya jika kita diundang kita hadir tanpa membedakan Suku dan Agama.

"Harapan kedepan bagi kami Laskar Merah Putih tentunya apa yang dicanangkan terkait toleransi bukan hanya untuk kaum Tua atau hanya kaum jamannya Gus Dur saja tapi juga kaum Milenial. Kaum Milenial juga harus tahu apa itu toleransi, karena generasi per generasi itu harus juga membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. Jangan hanya tahunya toleransi itu jamannya Gus Dur dan sekarang sudah beda itu tidak bisa begitu. Toleransi ini harus sepanjang masa, mungkin anak-anak kita juga harus ikut juga bertoleransi." Harapnya Lucky Sunarya.

Sumber tulisan : https://www.mediapatriot.co.id/2023/01/24/lucky-sunarya-ketua-lmp-mada-prov-dki-jakarta-gus-dur-harus-menjadi-panutan-bagi-bangsa-indonesia/