Jangan Main Hestek di Facebook!

Selama deklarasi wajah Sandiaga tanpa senyum, ketika semua angkat tangan bahkan dia tak mampu mengangkatnya, tak ada takbir dari gerak bibirnya.

Jumat, 19 April 2019 | 20:13 WIB
0
1597
Jangan Main Hestek di Facebook!
Design by @ulihape

Di Facebook Hestek Enggak Ada Gunanya

Pagi tadi saya menuliskan status facebook dengan judul demikian, memang secara detail saya tidak punya kapasitas keahlian untuk menjelaskannya, namun selama hampir 4 tahun terakhir saya kerap menerima job sebagai buzzer dan sedikit banyaknya saya memahami bagaimana cara untuk menaikkan sebuah hestek.

 Selama ini saya akrab memainkan hestek (hashtag) di Instagram dan Twitter dan tujuan penggunaan tagar atau hestek ini adalah untuk menarik perhatian sehingga akan ada diskusi-diskusi panjang dari isu yang sedang menjadi Trending Topic (TT).

Platform twitter pertama kalinya membuat mesin yang bisa mengumpulkan satu topik, jadi ketika hestek kita buat maka berubah menjadi link makanya dengan mengklik hestek akan muncul berbagai bahasan yang terkait dengan hestek tertentu.

Awal 2012an akhirnya Facebook mengadopsi tagar, namun meski kita membuat tagar ternyata tidak berubah menjadi link hidup seperti apa yang terjadi di twitter dan instagram. Karena itu Facebook bukan tempatnya bermain hestek.

Tahun 2016 Facebook melakukan perbaikan dimana mulai bisa mengubah hestek menjadi link dan mengumpulkan postingan sejenis hanya saja tetap tak bisa tampak seperti twitter. Facebook hanya bisa sebatas mengumpulkan dan sebagai bahan mencari saja.

Facebook enggak bisa membuatnya menjadi hal yang menarik karena hestek hanya bisa dilihat oleh teman saja berbeda di twitter dimana kita bisa berinteraksi dengan hestek tanpa harus saling berteman, makanya media untuk promosi yang paling banyak digunakan brand adalah Twitter karena sekali jadi Trending Topic maka dunia bahkan bisa mengetahuinya.

Jadi oneday aku ikut pelatihan sosial media, karena waktu itu sdh berbau politik maka ada yang bertanya mengenai efektifkah  menggunakan hestek di Facebook ?. Dan aku baru tahu juga saat itu ternyata hestek itu hanya ngefek kalau main twitter dan Instagram dan benar saja sih kalau aku dapat job di Facebook selalu tanpa hestik karena engagement hestek di facebook enggak kebaca juga.

Facebook cara kerjanya bukan seperti twitter, kalian mau pasang hestek apapun gak akan keindex, beda dengan twitter hestek yang senada bakal terindex menjadi sesuatu yang trending, tapi apes kalo keseringan maka akun kita bisa kena penjara sama twitter. Pengalaman ku selama menjadi buzzer beberapa kali akunku kena shadow banned karena twitter selalu bekerja random untuk mengecek hestek yang kita gunakan.

Jadi saran ku kalo memang mau hestek kalian itu berpengaruh mainnya ke twitter nanti kalo sdh jd TT bisa li kami di tolong Rusia ? Nah jadi kalo sdh TT orang akan kepo eh itu hestek apa ? Trus dijawab sama cebong ' its just a joke ' maka yg kepo tadi lgs ngetwit oh people +62 make a joke with this hashtag. Udah deh beres urusan hestek cuman gitu doang. Tapi li ada tuh mantan petinggi platform menulis ikut mainan hestek itu ? Ohh ya maklum kali baru tahu asyiknya jd buzzer berbayar .

Sudahi man teman kalian bisa lihat ekspresi Bang Sandi idola emak-emak ya bukan ibu bangsa macam aku yang jarang lihat tampan tapi lihat isi otak. Selama deklarasi wajahnya tanpa senyum, ketika semua angkat tangan bahkan dia tak mampu mengangkatnya, tak ada takbir dari gerak bibirnya, semangat selama masa kampanye hilang.

Bukan... bukan karena sakit tapi dia tahu apa yang dilakukannya hanya mempermalukan diri sendiri. Dan wajah pak Amin tumben lesu biasanya paling energik.

Pak Prabowo sudah bilang menang tapi masih bilang curang, sudah 3x deklarasi tapi kalian masih bikin hestek konyol di Facebook. Oh iya di twitter ada 300ribuan yang bikin hestek itu kalo cuman sekian ya wajar kalian kalah. Coba lihat disekitr kalian brp org yg teriak Prabowo tapi ga ikut nyoblos?

Di kantorku ada 2, paling tidak ini menjadi gambaran, demikian bisa menyadarkan kalian mengapa bisa sampe kalah. Lihat lagi berapa TPS bases partai koalisi prabowo yang kalah, ada banyak.

So masih main hestek di Facebook ? Enggak ngaruh sis ...

***