Gamcheon

Gamcheon bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah kita, bagi kampung kita, bagi desa-desa kita, bahwa yang kumuh pun kalau ditata dengan baik, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kamis, 28 November 2019 | 05:26 WIB
0
371
Gamcheon
Saya bersama Ibu Negara Busan (Foto: Facebook/Presiden RI Joko Widodo)

Desa Gamcheon tadinya adalah kampung yang kumuh di Busan, Korea Selatan. Sudah kumuh, lokasinya pun sulit: di lereng gunung yang curam. Sampai kemudian desa ini berbenah, ditata, diberdayakan.

Jadilah Gamcheon Culture Village sebagai salah satu tujuan wisata yang ramai, bahkan dikenal dengan sebutan “Machu Picchu-nya Busan”.

Mengisi hari Minggu di Busan, saya mengunjungi desa budaya Gamcheon selepas siang tadi. Luar biasa. Rumah-rumah yang dicat berwarna-warni, dinding-dindingnya dihiasi beragam karya seni seperti mural. Jalan-jalan dan lorongnya yang sempit dipenuhi toko cenderamata, galeri seni, dan tempat makan.

Dari sebuah kafe di ketinggian, saya dan Ibu Negara menikmati pemandangan atap-atap bangunan yang seolah bertumpuk seraya menikmati makanan khas Korea Selatan.

Penataan Desa Gamcheon mengingatkan saya model serupa di Tanah Air seperti yang ada di Klaten, Yogyakarta, atau di Nglanggeran, Gunung Kidul. Gamcheon bisa menjadi inspirasi bagi kepala daerah kita, bagi kampung-kampung kita, bagi desa-desa kita, bahwa yang kumuh pun kalau ditata dengan baik, bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pantai Haeundae

Pemandangan Pantai Haeundae dengan pasir putihnya ditunjukkan kepada saya oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in saat kami bertemu di Westin Chosun Hotel, Busan, kemarin, di sela-sela KTT ASEAN-RoK.

Pertemuan bilateral Indonesia dan Korea Selatan menyepakati peningkatan kerja sama ekonomi kedua negara terutama menghadapi situasi ekonomi dunia seperti saat ini.

Setidaknya, ada tiga nota kesepahaman yang diteken di akhir pertemuan yakni Perjanjian Kemitraan Ekonomi Menyeluruh Indonesia dan Korea, Perjanjian Bebas Visa Bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas RI-Republik Korea, dan Kerja Sama Teknik Terkait Pemindahan dan Pengembangan Ibu Kota.

***