KAHMI, Dari Maros Untuk Indonesia

Kamis, 6 Oktober 2022 | 13:24 WIB
0
77
KAHMI, Dari Maros Untuk Indonesia
Musyawarah Daerah KAHMI MD Maros (KAHMI Maros)

KAHMI Majelis Daerah Maros akan melaksanakan Musyawarah Daerah akhir pekan ini, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Pelaksanaan musda ini menjadi momentum untuk regenerasi. Sekaligus juga meremajakan semangat perjuangan organisasi.

Sebelum melanjutkan ketikan ini, saya mengingat curhat saya ke satu kawan. Dimana betapa sukarnya untuk menyatukan pandangan. Walau memiliki agenda yang sama. Tetapi bolehjadi karena ego organisasi, akhirnya pertemuan bubar tanpa kesatuan gerak agenda.

Bukan focus pada komitmen kebangsaan dan keumatan. Justru lebih pada ashabiyah dan juga karena urusan lambang organisasi.

Kembali soal KAHMI dimana keberadaan korps ini merupakan kelanjutan dari HMI yang mengusung komitmen keumatan dan kebangsaan.

Olehnya, keberadaan KAHMI tetap relevan. Dengan musda ini justru sebuah langkah dalam konsolidasi organisasi.

Begitupula keberadaan KAHMI MD Maros menjadi sebuah gambaran bahwa organisasi tak perlu untuk bergenit-genit dengan urusan kekuasaan.

Sehingga perjuangan dan kejuangan untuk urusan umat dan bangsa tetap dapat dilaksanakan.

Sekalipun ada otokritik bahwa KAHMI hanya setingkat di atas arisan dalam versi Jusuf Kalla. Sementara Prof. Qasim Mathar mengetikkan pandangan bahwa KAHMI jangan sampai menjadi arisan yang ber-AD-ART.

Keberadaan KAHMI dalam lingkup Maros setidaknya dapat menjadi katalisator ataupun juga menjadi organisasi yang tetap mengingatkan bahwa ada agenda kebangsaan yang lebih besar berbanding dengan urusan organisasi.

Ketika ini dilaksanakan dan menjadi “jiwa” KAHMI, akan menjadi daya dukung bagi persatuan dan kesatuan. Betapa dari hal kecil yang kadang menjadi masalah dan justru membesar.

Maka, dengan musyawarah ini akan menjadi kesempatan mempertahankan semangat organisasi. Pada saat yang sama, keberadaan KAHMI akan memperluas gerak langkah HMI dalam mengawal “revolusi” Indonesia.