EMT IDI Kirim 28 Dokter dan Relawan Demi Sukses Vaksinasi Warga Cikarang Jabar

Pada masa sulit pandemi Covid-19 EMT IDI bertugas sebagai kantong-kantong relawan dan didalamnya juga sangat mendukung tenaga medis lainnya

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 09:59 WIB
0
139
EMT IDI Kirim 28 Dokter dan Relawan Demi Sukses Vaksinasi Warga Cikarang Jabar
EMT IDI Vaksinator

Pemerintah menargetkan jumlah sasaran masyarakat yang telah divaksin mencapai 2 juta vaksin Covid-19 per hari. Untuk mewujudkan target tersebut dibutuhkan banyak bantuan dari penggerak masyarakat agar saling bahu membahu meningkatkan kekebalan komunal agar terhindar dari paparan virus corona.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membentuk Emergency Medical Team (EMT) yang dipersiapkan secara khusus sebagai wadah terkoordinasi untuk mitigasi dan penanggulangan bencana du Indonesia. Diketahui, Emergency Medical Team (EMT) sebagai medis darurat yang turun langsung dalam membantu menangani korban di lokasi bencana untuk kepentingan domestik maupun internasional.

Seperti halnya kegiatan yang baru dilakukan, Pengurus Besar EMT IDI yang juga ikut serta berkontribusi dalam pencegahan virus corona terutama dalam bidang serbuan vaksinasi di Cikarang, yang diadakan hingga Senin mendatang dan diketahui akan ada kemungkinan lanjutan dari kegiatan positif ini, namun hal tersebut masih belum dapat dikonfirmasi oleh pihak EMT IDI mengingat pengurus tengah fokus dalam kegiatan yang berlangsung.

Diketahui dalam kegiatan ini EMT IDI mengerahkan 28 nakes yang terdiri dari dokter dan perawat untuk menyediakan sentra vaksinator untuk menyasar 3.000 masyarakat umum dan karyawan industri di Kawasan Cikarang menggunakan Vaksin Covid-19 jenis Sinovac dan Astrazeneca. Nakes yang diturunkan ke lapangan juga telah memiliki sertifikat vaksinator. Di sisi lain, EMT IDI juga terus melakukan gerakan terhadap pelatihan kesehatan baik pada masa pra pandemi maupun pandemi.

Ketua EMT IDI dr. Lucky Tjahyono mengatakan, seiring dengan masih berlanjutnya pandemi Covid-19 yang menjadi wabah resmi global, maka tujuan diadakannya kegiatan ini menyusul saat ini mal dan pusat perbelanjaan telah banyak dibuka di wilayah tertentu dengan syarat wajib menunjukkan kartu vaksinasi, selain itu, sebagai syarat perjalanan transportasi jauh, dan syarat lainnya.

dr. Lucky Tjahyono menambahkan, sesuai dengan tagline yang dicanangkan oleh Kota Jakarta, yakni 'Kota Kontribusi', maka kegiatan yang diselenggarakan oleh EMT IDI ini sebagai wujud dari kontribusi tenaga kesehatan atas salah satu upaya terhindarnya masyarakat Indonesia dari virus Covid-19.

Sekretaris EMT IDI dr. Putro S Muhammad mengatakan, pada masa sulit pandemi Covid-19 EMT IDI bertugas sebagai kantong-kantong relawan dan didalamnya juga sangat mendukung tenaga medis lainnya, mengingat EMT IDI tidak hanya dibawah naungan dokter namun juga perawat, bidan, dan relawan non medis yang turut serta dalam penanggulangan virus corona.

"Kita saling bersinergi dan terus upayakan agar dapat saling bantu dalam mendorong relawan medis maupun non media sebagai usaha memulihkan negara dan juga saling mendukung dalam kegiatan apapun, seperti vaksinasi maupun pengantaran obat Covid-19 ke rumah warga yang sedang melakukan isoman, sebagai upaya mendukung pemerintah dalam menanggulangi pandemi covid-19," tambahnya.

***