Limbah B3 dalam Bernegara

Sebalinya kita manage saja limbah itu dalam satu wadah agar tak mencemari. Dan ada saatnya nanti dimusnahkan atau musnah sendiri.

Rabu, 26 Januari 2022 | 07:11 WIB
0
206
Limbah B3 dalam Bernegara
Limbah B3 (Foto: antaranews.com)

Limbah adalah sisa dari sebuah proses yang tidak terpakai atau rejected product. Dalam proses menjadikan produk yang layak di pakai limbah bisa di sebabkan kualitas bahan baku, salah dalam proses, kelalaian, dan seterusnya.

Dalam bernegara juga ada limbah, misalnya orang-orang jahat pengacau ketentraman, koruptor, dan sejenisnya. Dalam sekala kecil mereka ada di rumah tangga, instansi, dan lain-lain.

Sejak Jokowi mengelola negeri ini salah satu keberhasilannya adalah memilah limbah yang selama ini bercampur dengan yang baik. 

Orang-orang yang bermunculan sebagai pengganggu keberhasilan pembangunan atau rencana kerja jangka panjang pemerintah ini adalah rejected people yang tergolong limbah B3, katagori ini sudah masuk berbahaya dan mematikan.

Mereka bukan sekedar membuat gatal kulit dan daun telinga, menghirup baunya saja kita bisa keracunan, apalagi kalau sampai tertelan, wassalam kalian.

Apa mereka bisa dikelola, ya tergantung pemurniannya, dan seberapa besar kadar kebaikan yang masih bisa diurai dalam dirinya. Karena kalau salah menghitung bisa lebih mahal ongkosnya.

Jangan berharap dapat tembaga dari rongsokan besi tua bekas sepeda.

Apa bisa sekelas AB, RK, orang-orang PKS untuk direhab, sepertinya kita butuh tenaga dan waktu ekstra untuk mengurainnya.

Jadi sebaiknya kita manage saja limbah itu dalam satu wadah agar tak mencemari. Dan ada saatnya nanti dimusnahkan atau musnah sendiri.

***