Pidato yang Amat Keren

Pidato Presiden Joko Widodo ini dapat dijadikan contoh. Meskipun menyampaikan begitu banyak materi, beliau bisa melakukannya dengan sangat baik.

Senin, 16 Agustus 2021 | 10:24 WIB
0
111
Pidato yang Amat Keren
Presiden Joko Widodo (Foto: Agus Suparto)

Tak mudah berbicara di depan publik. Disimak puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, bahkan ratusan juta pasang mata. Butuh mental yang sangat kuat. Butuh persiapan yang amat matang. Butuh kecerdasan yang amat tinggi. Salah ucap sekali saja, fatal akibatnya. 

Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo yang sedang berlangsung sungguh sangat memukau. Menggunakan metode ekstemporan, yaitu cara berpidato dengan mengembangkan outline yang telah disiapkan dengan bahasa sendiri. Pidato beliau lancar tanpa ada insiden sama sekali. Bagus banget....

Kemampuan berbicara di depan publik menjadi salah satu indikator kecerdasan seseorang. Mahir berdebat belum tentu mahir pidato, apalagi debat di media sosial. Berbicara di depan publik butuh segala aspek, baik intelegensi maupun kecakapan nonintelegensi. 

Kecakapan berpidato bisa dilatih. Sejak dini, cobalah anak-anak diberikan kesempatan untuk berbicara di depan orang tuanya dan saudara-saudaranya. Dilanjutkan ke depan teman-temannya bermain. Dilanjutkan ke kegiatan lomba dan seterusnya. Cepat atau lambat, kemampuan berbicara dan mental anak pasti terbentuk. 

Agar tidak membosankan pendengar, pembicara perlu membaca banyak buku. Ini bertujuan agar makin banyak kosakata dikuasai. Juga belajar kepada pembicara lain untuk mengetahui kelebihannya.

Mungkin tekniknya, gayanya, lucunya dan lain-lain. Bila ini sudah dipelajari, berbicara di depan publik 2-4 jam takkan terasa. 

Pidato Presiden Joko Widodo ini dapat dijadikan contoh. Meskipun menyampaikan begitu banyak materi, beliau bisa melakukannya dengan sangat baik. Tidak hanya materi pidato yang berkaitan APBN, tetapi semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara disampaikan dengan sangat baik pula. 

Selamat Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia. Bersatu untuk Maju. Merdeka..... 

***