Konflik Internal Kelompok Pecinta Jokowi

Dengan adanya Noel yang berani membela Munarman, justru menjadikan sekelompok pembela Jokowi seperti Joman ditendang secara mentah-mentah dari sekutu mereka.

Jumat, 11 Maret 2022 | 06:20 WIB
0
163
Konflik Internal Kelompok Pecinta Jokowi
Noel Ebenezer (Foto: keuanganews.id)

Usai menikmati siomay di depan Perpustakaan Nasional, saya mendengar suara nyaring dari arah barat. Setelah tanya ke Kang siomay dan polisi di sekitar suara itu, jawabannya tak memuaskan karena mereka cenderung tidak tahu latar belakang kerumunan tersebut.

Kata polisi, "ke sana saja, Mas. Gak papa". Setelah mendekat, ternyata mereka sedang demonstrasi di depan gedung BUMN. Banyak mobil ditempeli gambar Immanuel dan bertuliskan Joman. Saya mengira itu Jokowi Mania. Mukanya pun tak asing dan setelah saya cari informasi, dia memang Noel, ketua Joman. Tapi singkatan Joman di mobil justru mengatakan Jongos Munarman.

Mereka yang berdiri di depan gedung BUMN menamakan demonstrasi itu sebagai Demo Merah Putih. Mayoritas peserta memang memakai pakaian berwarna merah dan putih. 

Saya tanya ke dua peserta demo mengenai tujuan dan tuntutan demonstrasi tersebut. Mereka menjawabnya dengan keras agar bisa melawan suara utama dari Toa di atas mobil. "Kami sedang menuntut Pak Erick untuk segera memecat Noel (Immanuel E.) dari BUMN. Noel telah membela teroris Munarman. Dan BUMN, harus bersih dari segala yang berbau teroris"

Saya sedikit menghindar dari kerumunan dan mencari informasi mengenai Noel. Saya temukan banyak berita dari berbagai situs media. Nyatanya benar, bahwa Noel menjadi saksi dalam persidangan kasus Munarman. 

Noel mengatakan bahwa Munarman bukanlah teroris, tapi aktivis. Sekonyong-konyong hal ini menjadi viral di kalangan pecinta Jokowi. Terlebih buzzer seperti Denny Siregar yang menyerangnya dengan mengatakan Jongos Munarman.

Noel yang sedari awal tidak terima atas cuitan Densi itu akhirnya melaporkan Densi ke polisi. Namun polisi menolak laporan itu. Tetapi kata Noel, laporan itu hanya sedang dialihkan saja. 

Agak ambigu sebenarnya jika kita kaitkan dengan massa Jokowi yang biasanya lurus tentram dengan Buzzernya. Tapi dengan adanya Noel yang berani membela Munarman, justru menjadikan sekelompok pembela Jokowi seperti Joman ditendang secara mentah-mentah dari sekutu mereka.

Seorang youtuber yang juga menjadi ahli hukum, Refly Harun, juga ikut meramaikan media. Refly mengatakan bahwa Jokowi sedang dikelilingi oleh orang-orang yang cenderung Islamophobia. Dan hanya sedikit saja dari mereka yang berani untuk menentang Islamophobia seperti Noel. 

Tak hanya sampai di situ, bahkan Refly pun mempunyai pendapat yang sama seperti Noel bahwa Munarman itu bukanlah teroris.

***