UniMUDA Sorong Berkemajuan, Rintis Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Eropa

Secara khusus kerjasama dengan perguruan tinggi telah dilaksanakan bersama dengan Necmettin Erbakan University.

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 10:01 WIB
0
106
UniMUDA Sorong Berkemajuan, Rintis Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Eropa
Delegasi UniMUDA Sorong Diterima Rektor Selcuk University (Koleksi Humas UniMUDA Sorong)

Tidak saja sebagai amanat Muktamar Muhammadiyah Makassar, kemajuan ataupun progresif amal usaha Muhammadiyah menjadi bagian dari nilai kerja.

Inilah yang mendasari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong untuk menjadikan kemajuan sebagai bagian nilai kerja yang terimplementasi dalam kegiatan keseharian.

Memasuki tahun ketiga setelah ditetapkan dengan kelembagaan menjadi universitas, 5 Juli 2018, UniMUDA Sorong kini mulai menyasarkan program daya sanding internasional.

Dalam kalimat yang masyhur “World Class University”.

Selama ini, UniMUDA sudah melaksanakan program-program kemitraan internasional. Sebagaimana 2019, telah melakasanakan ICOCIT-MUDA dengan Kerjasama Malaysia, Brunai Darussalam, dan Mesir.

Kini, ICOCIT-MUDA menjadi kegiatan rutin tahunan yang menjadi agenda UniMUDA Sorong sebagai wahana dalam publikasi dan juga diskusi bagi mengidentifikasi topik kolaborasi dengan mitra dari pelbagai negara.

Begitu pula rintisan kerjasama dengan Jepang, Tohuku University, telah mengadakan kunjungan ke kampus UniMUDA Sorong di Aimas, Papua Barat.

Khusus untuk September s.d. Oktober 2021 kali ini, UniMUDA Sorong mengadakan kunjungan ke Eropa dengan pertemuan dan pelaksanaan konferensi bersama Istanbul University, Turki.

Secara khusus, delegasi dipimpin langsung rektor UniMUDA Sorong, H. Rustamadji, Ph.D.

Bersamanya, Sekretaris BPH, H. Eko Maryanto, MT., juga bersama delegasi dosen-dosen dan tim pengelola PKKM yang dikoordinir, Sirajjuddin, M.Pd., Wakil Rektor UniMUDA Sorong.

Pada saat yang sama, penguatan kelembagaan berupa pembukaan program studi juga menjadi perhatian. Dimana program studi yang baru saja mendapatkan izin diantaranya Pendidikan Agama Islam, dan Komunikasi.

Kedua program studi tersebut, sudah menerima mahasiswa baru yang disambut melalui MATRAS 2021 yang dibuka rektor UniMUDA bersama Bupati Sorong, sehari sebelum berangkat ke Turki, Selasa 21 September 2021.

Secara khusus kerjasama dengan perguruan tinggi telah dilaksanakan bersama dengan Necmettin Erbakan University.

Workshop Penulisan Akademik, dengan narasumber Prof. Dr. Onder Kutlu menjadi bagian dalam mengawali kerjasama yang sudah berjalan.

Selanjutnya, dilakukan juga dilaksanakan rintisan kerjasama dengan Istanbul University, Istanbul

Sabahattin Zaim University, Selcuk University, Uludag University, dan KTO Karatay University.

Sehingga dalam kerjasama ini, UniMUDA menyasarkan pada enam perguruan tinggi.

Dua perguruan tinggi di Konya, KTO Karatay University, dan Selcuk University, pertemuan delegasi yang masing-masing dipimpin rektor, sudah mencapai kesepakatan dengan penandatanganan MoU dan sekaligus MoA.

Pada Mei mendatang, akan dilaksanakan seminar internasional terkait dengan pendidikan. Begitu pula dengan kesediaan Prof. Dr. Salih Cepny, dekan fakultas pendidikan Bursa Uludag University, untuk menjadi salah satu keynote speaker.

Pengembangan kerjasama, tidak saja dalam memperkuat kelembagaan. Juga dalam kaitan dengan pelbagai aspek perguruan tinggi. Diantaranya akreditasi, rekognisi, dan juga luaran pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Pertemuan dengan pihak terkait, bukan saja dengan perguruan tinggi. Begitu pula dengan konsul jendral RI di Istanbul, dan duta besar RI di Ankara.

Kesemuanya, dalam kaitan untuk menyiapkan program-program untuk pengembangan perguruan tinggi. Sekaligus mempersiapkan perolehan akreditasi untuk predikat unggul.

***