Mengapa Lembaga Survei yang Didanai Prabowo-Sandi Tak Rilis Hasil Surveinya?

Jumat, 22 Maret 2019 | 22:29 WIB
0
941
Mengapa Lembaga Survei yang Didanai Prabowo-Sandi Tak Rilis Hasil Surveinya?
Fadli Zon dari BPN (Foto: Detik.com)

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beranggapan beberapa lembaga survei membangun narasi kalau pasangan Jokowi-Ma'ruf pasti menang di Pilpres.

Pernyataan ini cukup membingungkan, sebab jika benar dugaan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kalau lembaga survei tersebut didanai oleh tim Jokowi-Maruf Amin, lantas buat apa dirilis jika tidak bertujuan membangun narasi untuk memenangkan kliennya?

Yang justru jadi pertanyaan, mengapa lembaga survei yang mengawal atau didanai oleh Tim Prabowo-Sandi tidak merilis hasil surveinya?

Jangankan Pilpres, pemilihan kepala daerah setingkat bupati saja memanfaatkan jasa lembaga survei. Saya haqqul yaqin kalau Tim Prabowo-Sandiga Uno dikawal oleh lembaga survei profesional.

Pengalaman saya sebagai tim lawyer kandidat kepala daerah yang telah berpuluh kali duduk bersama dengan lembaga survei yang sekaligus berperan sebagai konsultan politik. Jika klien mereka kalah, apa lagi kalau telak, biasanya lembaga survei tersebut memilih tidak merilis hasil surveinya atas persetujuan kliennya.

Sebaliknya tim pemenangan akan berupaya mati-matian mendelegitimasi hasil survei yang memenangkan lawannya. Hal yang lazim saja saya kira.

***