"Si Anak Hilang" Itu Akhirnya Muncul Dampingi Prabowo

Menurut Dahnil, alasan Sandiaga tak ikut dalam deklarasi semalam semata karena Sandiaga tengah sakit, bukan karena diusir oleh Prabowo.

Kamis, 18 April 2019 | 19:45 WIB
0
858
"Si Anak Hilang" Itu Akhirnya Muncul Dampingi Prabowo
Sandiaga saat mendampingi Prabowo (Foto: Detik.com)

Teka-teki sekaligus misteri lenyapnya Sandiaga "Si Anak Hilang" Uno akhirnya terjawab ketika calon wakil presiden itu hadir di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis 18 April 2019 mendampingi calon presiden Prabowo Subianto. Ini kemunculan Prabowo yang ketiga kalinya di depan publik dan media untuk mengumumkan "kemenangan"-nya.

Karena dikabarkan masih sakit, Sandiaga nampak seperti kurang bergairah, sebagaimana terlihat dalam foto hasil jepretan wartawan Detik.com. Ia tampak murung dan cemberut saat Prabowo mengumumkan "kemenangan" Pilpres untuk yang ketiga kalinya.

"Pada hari ini saya Prabowo Subianto menyatakan bahwa saya dan saudara Sandiaga Salahudin Uno mendeklarasikan kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024," kata Prabowo Subianto sebagaimana disiarkan saluran televisi.

Dalam deklarasi yang antara lain dihadiri Amien Rais dan Rachmawati itu Prabowo menyatakan keyakinannya menang sebagai presiden berdasarkan perhitungan internal. Bahkan hasil real count yang dibuatnya itu Prabowo menyebut mendapatkan suara lebih dari 62 persen. "Perhitungan real count dan telah kami rekapitulasi," kata Prabowo.

Klaim angka 62 persen ini agak aneh mengingat jumlah persentase perolahan total suara partai pendukung koalisi Jokowi-Ma'ruf juga sekitar 62 persen, sedangkan jumlah total suara koalisi pendukung Prabowo-Sandi sebesar 38 persen.

Deklarasi lebih awal itu menurut Prabowo dilakukan dengan alasan adanya bukti kecurangan dalam Pilpres 2019.

"Kemenangan ini kami deklarasikan secara lebih cepat karena kami punya bukti telah terjadi usaha dengan beragam kecurangan yang terjadi di berbagai kelurahan, kecamatan, kota, seluruh Indonesia," kata Prabowo.

Jenguk Sandiaga


Cawapres Sandiaga Uno hari ini akhirnya buka suara menyusul ketidakmunculannya ke publik selama 24 jam terakhir melalui  media sosial. Ia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan dirinya dijenguk Prabowo Subianto dan kucing kesayangannya, Bobby.

"Terima kasih Pak Prabowo yang sudah menjenguk saya tadi malam ditemani kucing kesayangannya," ujar Sandiaga lewat Twitter dan Instagram, Kamis (18/4/2019).

Disebut sebagai "Si Anak Hilang" karena Sandiaga terakhir kali muncul pada Rabu untuk memantau hasil quick count di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta. Sandiaga tiba sekitar pukul 12.45 WIB dan setelah itu ia tidak mendampingi Prabowo dalam dua kali jumpa pers pada sore dan malam harinya.

Atas ketidakhadirannya ini Sandiaga meminta maaf kepada Prabowo. Tidak hadirnya Sandiaga sebelumnya dijelaskan oleh timnya bahwa ia tengah sakit dan tidak berhenti cegukan.

Sementara itu Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga menepis isu yang menyebutkan bahwa Prabowo mengusir cawapresnya sendiri sehingga yang bersangkutan tidak tampak ketika Prabowo mengklaim "kemenangan"-nya. Menurut BPN,  Sandidiaga memang menderita sakit.

"Nggak itu. Bang Sandi cegukan nggak berhenti. Cegukan, suaranya hilang," demikian Koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, menjelaskan.

Menurut Dahnil, alasan Sandiaga tak ikut dalam deklarasi semalam semata karena Sandiaga tengah sakit, bukan karena diusir oleh Prabowo sebagaimana isu yang beredar.

****