Siapa 5 Kandidat Dewan Pengawas KPK, Jokowi Sampaikan Kriteria

Kelima figur calon anggota Dewan Pengawas KPK berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari hakim, jaksa, hingga ekonom.

Kamis, 19 Desember 2019 | 16:17 WIB
0
275
Siapa 5 Kandidat Dewan Pengawas KPK, Jokowi Sampaikan Kriteria
Presiden Joko Widodo (Foto: Dok. pribadi)

Presiden Joko Widodo menyampaikan kriteria sejumlah kandidat Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurutnya, akan ada lima figur yang akan mengisi posisi sebagai anggota Dewan Pengawas lembaga antirasuah tersebut.

"Mengenai Dewan Pengawas, ya nama-nama sudah masuk tapi belum kita finalkan karena hanya akan diambil lima," kata Presiden saat berbincang dengan wartawan di Borneo C Ballroom, Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Rabu, 18 Desember 2019.

Kelima figur calon anggota Dewan Pengawas KPK, kata Presiden, berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari hakim, jaksa, hingga ekonom. Kepala Negara memastikan bahwa figur-figur yang terpilih nantinya merupakan figur terbaik.

"Ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana, saya kira itu. Namanya nanti, ditunggu sehari saja kok. Yang jelas nama-namanya adalah nama-nama yang baik, saya memastikan nama yang baik," tegasnya.

Turut mendampingi Presiden saat berbincang dengan wartawan antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

***