Inilah 10 Tokoh Dunia yang Menjadi Inspirasi GARBI

Selasa, 23 Oktober 2018 | 18:44 WIB
0
1078
Inilah 10 Tokoh Dunia yang Menjadi Inspirasi GARBI

GARBI adalah Gerakan Arah Baru Indonesia yang kelahirannya dikomandoi oleh Mantan Presiden PKS Anis Matta. Sejumlah tokoh dunia menjadi inspirasi gerakan ini, antara lain:

1. Hasan Al Banna.

Pemikir besar islam abad ini, pendiri gerakan dakwah dan pemikiran terbesar di dunia Ikhwanul Muslimin.

2. Yusuf al Qardhawi.

Ulama besar, paling sepuh dan paling berpengaruh di dunia saat ini, peraih King Faishol Prize dalam bidang khidmah islam dunia, Ulama yang pengajiannya setiap pekan di Tv Al Jazeera diikuti oleh 40 juta pemirsa seluruh dunia. Penulis 136 buku buku berpengaruh di dunia.

3. Rasched Ghanoucci.

Tokoh pemikir islam Tunisia, ketua umum partai pemenang pemilu tunisia an nahdhah, peraih "nobel" kelas dunia Chatam Prize House Canada bersama mantan presiden Tunisia Mouncef Marzuoki.

4. Khalid Misyal.

Pemikir dan pakar politik nomor wahid dalam tubuh partai Hamas Palestina. Tokoh islam yang sudah mengalami 6x usaha pembunuhan oleh zionis yahudi.

5. Recep Tayyip Erdogan.

Tokoh politik islam terbesar abad ini, penguasa turki 17 tahun, peraih king faishol prize, tokoh paling kuat dalam tubuh partai AKP turki, penguasa terkuat turki setelah At Taturk.

6. Saad Eddin Al Othmani.

Perdana Menteri Maroko saat ini, salah satu tokoh politik paling berpengaruh di wilayah Maghrib, ulama dan cendikiawan muslim dengan belasan buku best seller di dunia.

7. Muhammad Badie.

Mantan Mursyid Aam Ikhwanul Muslimin yang melawan kudeta militer besar Jenderal As sisi tahun 2013, Profesor dan pemikir berpengaruh di wilayah masyriq nya arab khususnya mesir.

8. Narendra Modi.

Perdana menteri India saat ini, ketua umum partai berkuasa india BJP, perdana menteri yang dipilih secara fenomenal di negara demokrasi terbesar di dunia dengan DPT 840 juta pemilih, tokoh politik dengan jumlah follower 14 juta lebih di facebook dan tokoh no 2 paling disukai di dunia setelah Obama.

9. Muhammad Anis Matta.

Salah satu tokoh muslim indonesia paling berpengaruh di dunia dalam daftar 500 tokoh berpengaruh versi The Royal Institute, Amman Yordania. Salah satu tokoh islam politik berpengaruh di asia pasifik, mantan Presiden partai islam dan mantan wakil ketua parlemen Indonesia. Penggagas Narasi Politik Arah Baru Indonesia, Dia juga salah satu tokoh muslim asia yang dikenal baik di benua Eropa.

10. Anis Rasyid Baswedan.

Salah satu pemuda islam paling berpengaruh di asia, Gubernur provinsi DKI Jakarta sebagai pusat kota di negara muslim terbesar di dunia, pernah masuk kedalam daftar 100 tokoh muda paling berpengaruh di dunia versi Bloomberg.

Dan masih banyak tokoh tokoh politik, ulama, dan tokoh pemikir sosial lain yang tidak bisa disebutkan disini satu persatu, pemilihan tokoh ini berdasarkan tingkat kesulitan yang mereka alami sampai bisa mencapai posisi puncak dengan segala keterbatasan yang ada, Sehingga mereka sangat layak menjadi tokoh yang menginspirasi dunia.

***

Tengku Zulkifli Usman, Analis Politik.