Baru Tahu, Ya?

Pikiran itu pula yang membuat orang yang merancang baliho raksasa ini perlu menegaskan bahwa Puan Maharani adalah cucu Bung Karno. Eh, dan juga putri Megawati.

Rabu, 3 Agustus 2022 | 06:13 WIB
0
72
Baru Tahu, Ya?
Baliho Puan Maharani (Foto: dok. Pribadi)

Saya pernah langsung kehilangan minat berbincang dengan seorang teman lama -- cewek dari masa lalu -- tatkala ia bertanya: Bukittinggi itu di mana?

Saya saat itu mengabarkan, bahwa saya sedang dalam perjalanan ke Bukittinggi. Saya merasa, perempuan ini benar-benar tak tahu apa-apa, untuk tak menyebut bodoh.

Di lain waktu, teman saya Amran Alimuddin bercerita. Suatu hari, seusai menonton film "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" yang dibintangi aktor Reza Rahadian di sebuah bioskop, ia mendengar perempuan muda di dekatnya berbicara kepada teman nontonnya. "Eh, gue baru tahu lho kalau Soekarno-Hatta itu dua orang."

Kami yang mendengarnya terperangah. Di zaman ini, menjelang 77 tahun kemerdekaan, masih ada yang begitu tak tahu apa-apa soal paling dasar itu.

Bisa jadi, pikiran itu pula yang membuat orang yang merancang baliho raksasa ini perlu menegaskan bahwa Puan Maharani adalah cucu Bung Karno. Eh, dan juga putri Megawati. 

Jangan-jangan ada yang belum tahu. 

Oh ya? Baru tahu saya ...

***