Keluar-masuknya Sandiaga Uno

Politik adalah hal yang dinamis, saking dinaminsnya menjadi "politik tulang lunak". Terkadang AC-DC dan berganti peran.

Rabu, 16 Oktober 2019 | 13:47 WIB
0
327
Keluar-masuknya Sandiaga Uno
Sandiaga Uno (Foto; Solopos.com)

Politikus keluar masuk partai atau berganti jas partai di negeri ini hal biasa. Mirip seorang karyawan atau pegawai yang resign atau pindah kerja baru karena adanya tawaran gaji atau jabatan yang lebih baik.

Ada yang keluar dan pindah partai. Ada juga yang keluar partai dan tidak masuk partai manapun. Dan ada juga keluar partai dan kembali masuk partai yang sama.

Siapakah dia? Dia adalah Sandiaga Uno, cawapres yang gagal dalam perebutan kekuasaan lewat pilpres 2019.

Seperti kita ketahui, Sandiaga Uno akan kembali dan memakai jas partai Gerindra kembali dan aktif di partai. Sandiaga Uno sebelumnya adalah wakil pembina partai Gerindra. Jabatan yang tidak sembarangan dalam struktur partai. Tapi,setelah ditunjuk oleh Prabowo Subianto sebagai cawapres, Sandiaga Uno mengundurkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta dan keluar dari partai Gerindra.

Mengapa Sandiaga Uno keluar dari partai Gerindra setelah resmi menjadi cawapres mendampingi Prabowo sebagai capres? Karena untuk menjaga hubungan dengan partai pendukung atau koalisi yang lain yaitu PAN dan PKS. Dan kalau tidak keluar dari partai Gerindra, dianggap calon capres dan cawapres semua dari partai Gerindra.

Untuk menjaga hubungan di antara partai koalisi, maka Sandiaga Uno mundur dari partai Gerindra. Dan munculah waktu itu dengan istilah "Jenderal Kardus".

Sebenarnya ini hanya melepas baju partai untuk sementara waktu saja. Dan terbukti, akhirnya kembali lagi ke partai Gerindra setelah kalah dalam pilpres 2019.

Bagitulah politikus tanah air, sering gonta-ganti baju partai,sesuka hati mereka. Baju atau jas partai itu kalau dikumpulkan atau digantung dalam lemari mungkin lebih dari satu atau dua jas partai politik.

Politik adalah hal yang dinamis, saking dinaminsnya menjadi "politik tulang lunak". Terkadang AC-DC dan berganti peran.

***