Jangan Khawatir pada SJW alias "Social Justice Warrior"

Kalau kemudian para SJW itu mencanangkan, atau mengajak golput, ya setidaknya anggap itu semacam kritikan.

Senin, 21 Januari 2019 | 20:26 WIB
0
672
Jangan Khawatir pada SJW alias "Social Justice Warrior"
Abu Bakar Baasyir (Foto: Tempo.co))

Belakangan, kubu pendukung Jokowi banyak menyerang SJW. Bukan karena SJW mendukung capres kubu sebelah, Prabowo, tapi lantaran gencarnya teman-teman SJW ini mengkampanyekan, golput. Setidaknya itu yang terasa oleh para pendukung Jokowi.

SJW, sepanjang pemahaman saya adalah mereka yang di 2014 juga mendukung Jokowi. Salah satu alasannya, adalah yang sering digaungkan Jokowi: Tak punya beban masa lalu. Para SJW punya parameter ketat untuk pemimpin yang mereka usung, dan di 2014 – hampir semua berada di belakang Pakde Jokowi.

Para SJW ini adalah mereka yang sudah “bekerja” sejak lama, mendokumentasikan rasa cinta mereka untuk negeri ini. Beberapa pernah menjadi jurnalis kritis di beberapa media, bahkan ada yang pernah berkeliling Indonesia untuk merekam rasa cintanya atas negeri ini. Dokumentasi perjalanan semenjana ini direkam dalam bentuk buku dan CD, dan disebarkan secara komerial.

Teman-teman SJW adalah mereka yang kritis pada siapa saja, dan kadang menjadi semacam barometer social apakah pemimpin yang sedang berkuasa sejatinya sudah mempraktekkan substansi keadilan dalam program kerjanya.

Kita tak bisa menjadikan SJW ini sebagai musuh, dan kemudian diserang habis-habisan, terkadang serangan berupa ad hominem, menyerang individu.

Lebih tepatnya, SJW cocok menjadi teman diskusi yang kritis. Kita memang mengharapkan Jokowi atau pemimpin yang kita pilih sempurna dalam segala hal, namun tentu saja tak ada manusia sempurna seperti itu.

Kalau tak hendak mencintai membabi-buta, setidaknya kita menyadari ada banyak hal kekurangan yang mesti ditambal.

Jokowi, jelas tak sesempurna senyumannya. Makanya kadang kita perlu menyimak, betul-betul menyimak, apa saja yang menjadi titik kritik teman-teman SJW kita.

Soal keberpihakan terhadap petani, soal merajalelanya sawit, soal diskiriminasi agama, ras dan lain-lain memang masih jauh dari harapan.

ABB yang gembong radikalisme dibebaskan atas alasan kemanusiaan, lantas bagiamana dengan para penganut Ahmadiyah yang tertatih-tatih menyelenggarakan ibadah, bagaimana nasib pengungsi Sampang yang sudah hampir 10 tahun hidup dalam pengungsian, jauh dari kampung halamannya?

Setidaknya itu contoh kritis yang disampaikan teman-teman SJW, bahkan senada seirama dengan pendukung Jokowi garis kritis (seperti saya).

Kalau kemudian para SJW itu mencanangkan, atau mengajak golput, ya setidaknya anggap itu semacam kritikan. Kalaupun benar-benar menjadi sikap politik, tak akan mencoblos di TPS nanti 17 April 2019, abaikan saja jumlahnya.

Sedikit kok. Tak usah khawatir akan mengganggu suara Jokowi.

Yang paling penting sekarang yang dicermati oleh pendukung Jokowi bukanlah suara-suara SJW itu – setidaknya SJW anggap saja sparring partner yang nakal – tapi yang mungkin akan parah adalah kampanye negative pendukung Prabowo yang akan melakukan delegitimasi Pemilu.

Proyek-proyek meragukan netralitas KPU, Polri, TNI, Bawaslu dan sebagainya sedang digencarkan mereka. Issue-issue tak masuk akal seperti kardus TPS, kertas suara tercoblos dan lain-lain kemungkinan akan terus diproduksi kubu Prabowo. Dan ini pengaruhnya cukup besar daripada golput.

Belum lagi, dalam 3 bulan jelang Pilpres ini tentu banjir fitnah, hoax dan sebagainya akan mungkin memenuhi ruang baca kita. Sahut-sahutan pesan berantai di WhatsApp group dan social media lain akan menggaungkan kejahatan Jokowi yang tak pernah terjadi alias palsu.

Waspadalah dengan itu!

***