Kartu Prakerja Salah Sasaran?

Seorang yang bukan pengangguran menerima kartu prakerja, tidak berarti salah sasaran. Karena penerima kartu prakerja adalah siapapun yang ingin memiliki atau meningkatkan kemampuanya.

Jumat, 1 Mei 2020 | 20:19 WIB
0
305
Kartu Prakerja Salah Sasaran?
Kartu prakerja timlo.net

Maret lalu, pemerintah Indonesia meresmikan Kartu Prakerja. Sebuah program bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat  yang ingin memiliki atau menigkatkan kemampuanya. Namun dalam praktiknya kartu prakerja ini dianggap salah sasaran karena sistem seleksi yang berantakan. Sebenarnya, siapa saja yang berhak memegang kartu prakerja?

Website resmi kartu prakerja menjelaskan bahwa Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. singkatnya yang berhak menerima kartu prakerja adalah warga negara indonseia yang sudah berusia 18 tahun keatas. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda,

Yang perlu digaris bawahi disini adalah bukan hanya pengangguran yang berhak menerima kartu prakerja. Hal ini yang menjadi "missconception". Ada yang menganggap bahwa kartu prakerja ini hanya untuk seorang pengangguran yang sedang mencari kerja.

seperti cuitan dari akun twitter @mrs_enci "Jadi mas ini daftar, padahal bukan pengangguran (dan jelas2 nulis profil bahwa beliau bukan pengangguran), dapat kartu prakerja......."

Jadi ketika kita menemukan seorang yang bukan pengangguran menerima kartu prakerja, tidak berarti itu salah sasaran. Karena pada dasarnya penerima kartu prakerja adalah siapapun yang ingin memiliki atau meningkatkan kemampuanya.

***