Kampanye Caleg Takut Akhirat, Mencegah Caleg Masuk Rumah Sakit Jiwa Usai Pemilu 2024

Selasa, 21 November 2023 | 15:24 WIB
0
70
Kampanye Caleg Takut Akhirat, Mencegah Caleg Masuk Rumah Sakit Jiwa Usai Pemilu 2024
“Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan Teori Pemilu 2024 yang Adil dan takut akan Akhirat”/Foto : Dokpri

Dunia oh dunia, mungkin itu yang banyak dibahas oleh banyak Guru dan Ustadz ketika mengisi materi baik pembelajaran dikelas ataupun ketika dimajelis. Dunia memang terkenal sangat hijau, kenapa dibilang sangat hijau? Dikarenakan dunia itu sangat nikmat dan sangat menggiurkan bagi para manusia yang mengejar kenikmatan dunia.

            Kenikmatan dunia memanglah sangat menggiurkan, dikarenakan ketika sudah mendapatkan kenikmatan dunia maka apapun yang ingin dicapai didunia bisa diwujudkan dengan kekuasaannya yang telah dicapai. Kenikmatan dunia terdiri dari 3 kategori yaitu : Harta, Tahta dan Wanita. Salah satu langkah untuk mendapatkan “tahta” adalah dengan menjadi pejabat publik, salah satunya adalah menjadi Anggota Calon legislatif melalui Pemilu.

            Sebentar lagi pada tanggal 14 Februari 2024 dinegara Indonesia akan menggelar pesta rakyat yang sangat besar yaitu Pemilihan Umum atau disebut dengan Pemilu. Pada moment tersebut para Caleg akan berlomba – lomba berkampanye supaya bisa dapat terpilih menjadi Calon Legislatif ataupun calon pemimpin negara dan pemimpin daerah.

            Pemilihan Umum tahun 2024 akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, Caleg DPR Pusat, Caleg DPR provinsi, DPD dan Caleg daerah kota atau kabupaten. Rakyat akan ditawarkan dengan janji – janji manis para Caleg yang berkeinginan supaya dapat dipilih dalam pesta rakyat 5 tahunan tersebut.

            Variasi janji kampanye para Caleg beraneka ragam, dari janji yang luar biasa mengiming – imingkan kesejahteraan, uang, hidup mapan hingga janji yang biasa saja. Tak khayal banyak para Caleg yang mengobral janji mereka walaupun pada akhirnya mereka tidak dapat menepati. Didalam pikiran mereka yang penting asalkan terpilih dahulu, masalah janji ditepati atau tidak adalah masalah belakangan.

            Padahal bagi para Caleg akan mengalami celaka yang luar biasa apabila mereka menyepelekan janji, karena janji tersebut termasuk hutang yang akan ditagih dihari akhirat pembalasan nantinya. Mereka kadang tidak sadar bahwa jabatan yang dikejar mereka hanyalah sementara dan bahkan sudah ditentukan dalam tenggat waktu hanya 5 tahun.

            Untuk bisa mendapatkan jabatan tersebut, mayoritas banyak yang menggunakan segala cara dari bujuk rayu, visi misi, uang hingga fasilitas hidup. Bahkan diantaranya akan dijanjikan untuk mendapatkan jabatan.

            Bukan rahasia umum lagi, bahwa banyak Caleg yang menggelontorkan uang yang banyak untuk bisa menjadi Anggota legislatif ataupun pemimpin daerah. Bahkan dalam tayangan podcast ditelevisi dari narasumber pelaku bahwa untuk dapat menjadi Caleg DPR Pusat untuk bisa terpilih minimal harus menggelontorkan dana minimal 40 milyar. Uang tersebut digunakan untuk kampanye, dana partai, logistik, acara panggung hiburan, kader dan untuk memberikan uang pelicin bagi warga pemilihnya. Bahkan uang 40 Milyar tersebut belum jaminan bisa otomatis terpilih apabila saingan mereka juga menggelontorkan uang yang lebih diatas 40 Milyar.

            Bukan rahasia umum lagi bahwa setelah Pemilu selesai maka banyak ditemukan anggota legislatif atau Caleg yang stres hingga depresi bahkan banyak yang mengalami gangguan jiwa dikarenakan kalah dalam pemilihan umum. Ekspektasi mereka yang berlebihan membuat mereka tidak bisa mengendalikan koping sistem individu mereka dengan baik sehingga mereka menjadi stres, depresi, frustasi bahkan hingga menjurus ke perilaku bunuh diri.

            Dari data Kemenkes di Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Jiwa bahwa data Caleg yang masuk di Rumah Sakit Jiwa pada Pemilu 2019 terjadi lonjakan peningkatan signifikan daripada Pemilu 2014 sebelumnya. Karena pada Pemilu 2024 saat ini jumlag Caleg yang ikut bertarung adalah sebesar 245.106 caleg. Dimana Caleg yang terpilih hanya sebesar 10%, otomatis 90% Caleg harus menerima kenyataan untuk tidak bisa masuk dalam Legislatif.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa apabila Pemilu kita masih banyak yang memakai Politik Uang maka sistem demokrasi dinegara Indonesia tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan apabila Calon legislatif terpilih menggunakan politik uang, maka hal pertama yang mereka pikirkan adalah bagaimana caranya supaya bisa “Balik Modal” atas uang yang telah mereka keluarkan. Maka dari itu untuk mencegah hal tersebut perlu dilakukan perbaikan sistem pemilu dan sistem demokrasi dengan baik. Yang paling penting landasan utamanya adalah menanamkan kesadaran masyarakat atau warga supaya menolak politik uang dan memilih Caleg yang amanah serta jujur dan takut akhirat.

            Pemimpin yang amanah, jujur dan takut akan akhirat maka mereka tidak akan berani serta tidak akan pernah terbersit sedikitpun untuk berbuat curang ataupun bermain politik uang. Karena mereka sadar bahwa mereka akan dihisab diakhirat kelak atas apa yang telah mereka perbuat.

            Bahkan didunia nyata banyak contoh Para anggota DPR yang korupsi kemudian ketika meninggalnya banyak keganjilan. Seperti ketika pemakaman tiba – tiba terjadi hujan badai yang membuat mayat tersebut sulit dikuburkan. Tentunya hal ini harus membuat kita menjadi lebih waspada dan hati – hati dalam melangkah karena apa yang kita perbuat didunia akan dihisab diakhirat serta dimintai pertanggungjawaban meskipun hanya sebesar biji Zaroh.

Bagi yang sudah terlanjur melakukan hal yang fasik dan curang, tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah segera melakukan Taubatan nasuha kepada Allah SWT dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Dengan taubatan Nasuha yang benar maka akan membuat hidup kita menjadi lebih tenang serta berkah dalam melangkah hidup ke depan.

Dosen prodi PGSD Unisri Surakarta Elinda Rizkasari dalam teori Pendidikannya menyampaikan bahwa penyebab utama terjadinya gangguan jiwa pada Caleg yang gagal adalah mereka sudah terjangkit penyakit mental dimana psikis mereka terganggu dalam hal beradaptasi terhadap stimulus dari luar yang berlebihan. Dimana penyebab dari penyakit mental ini akan muncul secara tiba – tiba seperti dalam teori Neo Freud dimana masalah ini memang tidak bisa diprediksi sebelumnya yang penyebab utamanya adalah daya tahan diri yang rapuh pada seorang individu.

Elinda Rizkasari memberikan teori bahwa gangguan yang terjadi pada Caleg yang gagal sehingga terjadi gangguan jiwa adalah terjadi masalah pada konsep diri mereka. Masalah Konsep diri terjadi dikarenakan terjadi gejolak antara cita – cita dan harapan manusia yang tidak sesuai dengan realita kenyataan yang terjadi. Terutama pada manusia yang memiliki daya tahan yang rapuh, manusia tersebut tidak akan mempunyai koping adaptasi yang baik ketika masalah yang besar muncul pada dirinya secara tiba - tiba.

Dalam teori yang dikemukan oleh Elinda Rizkasari mengemukakan bahwa stres pasca pemilu tahunan terutama pada Pemilu 2024 besok tidak selalu bisa diprediksi kisaran jumlah penderitanya. Hal ini dikarenakan seperti fenomena gunung es, dimana nampak pada permukaan atas baik – baik saja, tetapi dibawahnya sudah siap untuk meledak. Apabila dianalogikan pada sebuah penyakit maka seperti bencana alam yang yang bisa datang tiba – tiba serta dalam skala yang besar.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji juga mengemukakan dalam Teorinya tentang Pemilu 2024 bahwa untuk mengantisipasi terjadinya fenomena kasus Caleg stres dalam skala besar maka sebelum persiapan Pemilu para Calon Legislatif diwajibkan harus mengikuti pembekalan mental baik dari segi pembekalan psikologis juga pembekalan rohani dalam bidang ahama. Ketika seseorang mempunyai landasan agama yang kuat maka mereka akan menghindari praktek curang serta memiliki psikologis yang baik dalam menghadapi masalah. Sehingga dengan persiapan mental yang baik maka akan mengurangi resiko ledakan Caleg stres ketika gagal dalam pemilu tahun 2024. *Red

 

Penulis : Prima Trisna Aji

Dosen Spesialis Medikal Bedah Lincoln College University Malaysia