Inilah Rahmat Pambudy, Suami Pemred Kompas yang Orang Dekat Prabowo

Hasil perolehan elektabilitas di bawah 50% dianggap mengkhawatirkan posisiJokowi-Ma'ruf, sebaliknya menguntungkan Prabowo-Sandi.

Senin, 25 Maret 2019 | 17:35 WIB
0
2322
Inilah Rahmat Pambudy, Suami Pemred Kompas yang Orang Dekat Prabowo
Rahmat Pambudy (kanan)/TribunNews.com

Rilisnya hasil survei dari Litbang Kompas menimbulkan banyak pertanyaan. Pasalnya, survei yang dilakukan Litbang Kompas pada 22 Februari 2019 - 5 Maret 2019 ini menunjukkan, jarak elektabilitas antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, semakin tipis.

Hal ini berbeda dengan survei-survei yang telah dirilis beberapa lembaga.

Dengan hasil perolehan yang di bawah 50%, posisi Jokowi-Ma'ruf dianggap mengkhawatirkan. Secara psikologis, tentu saja hasil survei ini merugikan pasangan nomor urut 01.

Ada pihak-pihak yang mengaitkan survei Kompas tersebut dengan posisi pimpinan redaksi Kompas, Ninuk Pambudi yang kebetulan istri dari orang dekat Prabowo Subianto, yaitu Rahmat Pambudy.

Rahmat Pambudy diketahui adalah kader Gerindra yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Nama Rahmat Pambudy juga pernah menjadi salah satu kader Gerindra yang ditawarkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menduduki kursi Menteri Pertanian,seperti yang dilansir Kompas.com (07/03/2011).

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga pernah menduduki beberapa jabatan, di antaranya Direktur Utama PT Gendhis Multi Manis – BULOG, Komisaris Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PERSERO), dan Direktur Pusat Studi Pengembangan IPB. Selain itu beliau juga pernah menjadi Pakar Bidang Peternakan Menteri Pertanian Republik Indonesia.

Rahmat Pambudy yang lahir di Yogyakarta, 23 Desember 1959 ini menikahi Ninuk Mardiana Estilistiati (Mardiana Estilistiati), putri dari Moerdiono, mantan Menteri Sekretaris Negara di masa Presiden Soeharto. Ninuk sendiri saat ini diketahui sebagai Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

salam dan terima kasih!

***


Sumber:

  1. suara-islam.com/mempersoalkan-independensi-pemred-harian-kompas-ninuk-pambudy/2/
  2. nasional.kompas.com/read/2011/03/07/12533882/gerindra.ajukan.tiga.nama.calon.menteri