Napiter Lapas Kelas I Malang ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Kamis, 1 Juni 2023 | 14:04 WIB
0
52
Napiter Lapas Kelas I Malang ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila
Napiter Lapas Kelas I Malang ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (1/06/2023) Napiter Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 bersama Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lainnya di Lapangan Senopati Lapas Kelas I Malang.

Para Napiter (Napi Teroris) ini sebelumnya sudah melakukan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meski masih berstatus warga binaan pemasyarakatan (WBP), para Napiter ini punya kewajiban yang sama untuk menjaga kesatuan dan persatuan NKRI serta menjaga Pancasila sebagai idelogi dan dasar negara.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari menyampaikan Para Napiter mengikuti program pembinaan termasuk pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara. Dengan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, bisa jadi momentum untuk mengembalikan semangat kebangsaan dan kenegaraan sesuai nilai-nilai dalam Pancasila.

Pancasila lahir menjadi simbol dari negara Indonesia yang menjadi perwujudan dari keberagaman yang ada. Mari senantiasa merawat keberagaman agama, budaya, suku, adat, dan bahasa dengan Pancasila sebagai perekat kesatuan Indonesia. Napiter bersama peserta upacara lainnya mengikuti Upacara dengan baik.

Sebagai simbol keberagaman yang berbeda namun tetap satu, pada upacara pada Kamis (1/06/2023) ini seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat nasional dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Diharapkan hal ini bisa merefleksikan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)