Oposisi Turki Tuduh Erdogan Otoriter

Erdogan adalah sosok negarawan besar yang berpolitik dengan lihai dan penuh nilai, gaya Erdogan berpolitik dipuji oleh berbagai kepala negara asing dan didoakan oleh banyak ulama Islam dunia.

Jumat, 21 Februari 2020 | 09:32 WIB
0
300
Oposisi Turki Tuduh Erdogan Otoriter
Recep Tayyip Erdogan (Foto: Facebook/Tengku Z. Usman)

Faktanya, Erdogan merangkul suku Kurdi yang lama berperang melawan pemerintah.

Hanya di Masa Erdogan, suku Kurdi boleh mendirikan partai politik, bahkan Erdogan membuka chanel tv khusus berbahasa Kurdi.

Padahal di masa oposisi berkuasa di Turki,  suku Kurdi diperangi habis habisan tanpa ampun tanpa negosiasi.

Erdogan dituduh Anti Regenerasi.

Faktanya, Erdogan lah yang merevisi undang undang agar rakyat Turki usia 18 tahun sudah boleh jadi anggota DPR. Erdogan pro pemuda dan pro millenial. Erdogan anti feodalisme.

Padahal, Anggota DPR Turki paling tua saat ini tidak berasal dari partai AKP, melainkan berasal dari partai opisisi CHP atas Nama Deniz Baikal (usia 80tahun).

Faktanya bukan Erdogan yang gak mau mundur lalu mendorong generasi penerus di AKP, Tapi kader AKP sendiri yang gak mau mencalonkan diri sebagai Presiden selama Erdogan masih sehat.

Erdogan dituduh Korupsi.

Faktanya yang paling banyak terjaring korupsi di Turki adalah berasal dari partai CHP dan Partai MHP, padahal partai ini punya sedikit kursi di parlemen jauh di bawah jumlah kursi AKP yang berjumlah 300 kursi lebih.

Erdogan pernah dituduh punya toilet emas di Istana Cankaya oleh partai oposisi.

Erdogan lalu menantang mereka masuk ke Istana presiden, kalau mereka menemukan 1 saja peralatan perabot yang terbuat dari emas, Erdogan berjanji akan mudur sebagai Presiden detik itu juga.

Oposisi akhirnya meminta maaf dan meralat tuduhan itu.

Seorang kepala negara memang harus clear dan berani menjelaskan sikap dan posisinya, dan apa yang dia lakukan harus jelas didepan rakyat.

Erdogan adalah sosok negarawan besar yang berpolitik dengan lihai dan penuh nilai, gaya Erdogan berpolitik dipuji oleh berbagai kepala negara asing dan didoakan oleh banyak ulama Islam dunia.

Begitu banyak inspirasi dari tokoh satu ini, sudah tiga tahun saya menulis tentang Erdogan di medsos ini rasanya space nya belum cukup untuk menjelaskan sosok hebat ini.

Tengku Zulkifli Usman

***