Shah Alam

Shah Alam banjir. Yang terparah banjirnya adalah kawasan yang berhampiran dengan pertemuan Sungai Klang dan Sungai Damansara.

Senin, 27 Desember 2021 | 22:07 WIB
0
112
Shah Alam
Shah Alam (Foto: dok. Pribadi)

KOTA Shah Alam adalah kota mandiri nan cantik di luar metropolitan Kualalumpur yang bisa dicapai kurang dari 1 jam dari ibukota Kerajaan Malaysia ini. Dia mirip kota mandiri BSD (Bumi Serpong Damai) di luar metropolitan Jakarta.

Terkejut mendengar Shah Alam terjejas banjir sangat teruk kemarin. Shah Alam terjejas banjir? Suatu hal yang gak pernah terbayangkan bisa terjadi. Kota di Selangor Darul Ehsan ini, menjadi salah satu dari 8 negara bagian yang terjejas banjir teruk.

Derasnya curah hujan 3 hari, sedimentasi sungai yang tinggi dan makin minimnya lahan resapan menjadi biang utamanya. Yang terparah banjirnya adalah kawasan yang berhampiran dengan pertemuan Sungai Klang dan Sungai Damansara.

Banyak hal memorabel dari Shah Alam ini bagi saya.

Saat masih mahasiswa ITB baheula, sebulan Kerja Praktek Desain Interior di Kualalumpur, bolak-balik nginepnya di sini.

Numpang tidur di rumahnya Prof. Mohamed Ali Yusof, dosen Institut Teknologi MARA. Berhampiran Masjid Sultan Salahuddin Abdul Azis Shah nan indah.

Shah Alam adalah sejarah privat hidup saya. Kota di mana saya memutuskan untuk "turn-around". Putar balik untuk meninggalkan profesi Desainer Interior. Hijrah demi memilih profesi sebagai Entrepreneur.

Sampai hari ini!

***
.