Menunggu Hasil Pemilu Ulang Istanbul

Karena suara Kurdi begitu penting, maka sangat masuk akan kalau Erdogan kali ini turun gunung untuk memecah suara Kurdi agar tidak solid mendukung Ekrem.

Senin, 24 Juni 2019 | 21:42 WIB
0
344
Menunggu Hasil Pemilu Ulang Istanbul
Binali Yildirim (Foto: CNNTurk.com)

Hasil pemilu ulang Istanbul hanya menghitung jam.

Saya masih punya feeling calon AKP yang akan menang meskipun sangat tipis.

Calon AKP Binali Yildirim saat ini lebih kuat ketimbang calon kuat lainnya Ekrem Imamoglu, karena isu kecurangan pada 31 maret kemarin.

Kali ini, suara Kurdi dan suara rakyat suriah di Turki jadi penentu hasil pemilu ulang, jumlah gabungan kedua basis di atas kurang lebih 2,5 juta suara.

Sedangkan DPT Istanbul 10,5jt. Kisaran partisipasi pemilih ada di angka 9,3 juta pemilih yang akan mengunjungi 31 ribu kotak suara lebih.

Koalisi Ekrem sendiri bekerja sangat keras untuk mengalahkan Yildirim, segala cara akan dilakukan, toh pada 31 Maret kemarin mereka terbukti curang secara massif sehingga pemilu terpaksa diulang.

Istanbul adalah salah satu kota penting di dunia, masuk daftar 8 kota besar penting di dunia, maka sangat wajar kalau Amerika cs begitu semangat menginginkan Erdogan jatuh di Istanbul.

Karena suara Kurdi begitu penting, maka sangat masuk akan kalau Erdogan kali ini turun gunung untuk memecah suara Kurdi agar tidak solid mendukung Ekrem.

Salah satu caranya dengan melakukan kontak dengan pemimpin Kurdi nomor wahid di pengasingan Abdullah Ocalan untuk menetralisir kalangan kurdi. Karena pemimpin Kurdi di dalam negeri yakni Selahattin Demirtas (Ketua partai HDP) jelas jelas mendukung Ekrem dan CHP.

Sedangkan pengungsi suriah arah dukungannya sudah sangat jelas. Jajak pendapat survei menunjukkan 99% pengungsi Suriah yang sudah diberikan kewarganegaraan Turki akan memilih AKP dan Binali Yildirim.

Kita tunggu saja, kalau hasil final sudah keluar. Nanti akan saya share analisa lengkapnya, siapapun nanti yang final keluar sebagai pemenang.

Kalau saya Jadi Warga Kota Istanbul

Tentu akan saya pilih Pak Binali sebagai walikota 5 tahun ke depan pada pilwalkot Istanbul 23 juni 2019.

Ini tidak ada kaitannya karena beliau dicalonkan oleh AKP atau karena dia berasal dari partai Erdogan saja.

Lebih dari itu, lebih karena integritas dan kapasitas, lebih karena program kerja dan kerja nyata beliau selama ini.

Sebagai calon walikota Istanbul, Ini Program kerja beliau 5 tahun ke depan kalau terpilih:

1. Membangun 50 Km jalan tol di kota Istanbul sehingga 5 tahun ke depan total jalan tol yang dimiliki kota ini mencapai angka hampir 300 Km.

2. Membuka 500.000 lapangan kerja baru melalui proyek infrastruktur baru yang dananya beliau cari dari Eropa.

3. Menggratiskan 10GB Internet/bulan bagi pelajar kota Istanbul. Dari siswa sampai mahasiswa.

4. Mengurangi macet di kota Istanbul, membangun taman taman baru yang ramah anak dan ramah lingkungan.

5. Memberikan subsidi per keluarga 2.000Lira khusus bagi keluarga yang kurang mampu dan ada orang tua jompo di sana.

Dan banyak program lainnya, ini mungkin bisa dicontoh oleh calon walikota lain di Indonesia jika ingin mencalonkan diri memimpin kota.

Satu hal yang pasti, belum pernah ada cerita pejabat AKP di Turki yang kampanye asal bunyi lalu setelah terpilih begitu saja ingkar janji atas apa yang dijanjikan saat kampanye.

Apa yang dikatakan dan apa yang dijanjikan itu akan dilaksanakan. Beda dengan pemimpin Thailand di Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Jakarta.
 

***