Drone Turki

UAE juga sangat khawatir dengan ambisi Turki yang juga ingin masuk Afghanistan bekerjasama dengan pemerintahan baru disana atas permintaan rezim baru di Kabul.

Kamis, 2 September 2021 | 09:45 WIB
0
202
Drone Turki
Drone Turki (Foto: Facebook/Tengku Z. Usman)

Turki mengumumkan pemakaian Drone canggih terbaru mereka Akinci untuk angkatan udara Turki.

Drone Drone turki selama ini hangat diperbincangkan di dunia militer internasional setelah berhasil mengubah arah kemenangan perang di Suriah, Libya, Azerbaijan,dan Irak.

Yang mengejutkan adalah, Turki mengumumkan akan berpeluang masuk ke Yaman dan menjadi stabilizer politik di sana setelah lama negara itu tidak stabil.

Yaman saat ini menjadi pusat perseteruan antara Arab Saudi, Emirat dan Iran.

Awalnya Saudi dan emirat berkoalisi dengan alasan memerangi Syiah hauthi. Tapi di tengah jalan, Saudi dan Emirat juga menjadi lawan sesamanya karena beda kepentingan.

Isu perang melawan Syiah Houthi Yaman pada dasarnya hanya isu politik pencitraan. Sehingga ketika kepentingan berbeda, Arab Saudi dan UAE ikut menjadi lawan.

Pengumuman akan masuknya Turki ke Yaman ini Sangat menarik, mengingat Yaman adalah salah satu negara yang punya potensi menjadi proxy Turki di kawasan kelak.

Seperti yang pernah saya tulis dalam artikel sebelumnya, jika Arab Saudi dan UAE tidak menemukan Titik temu dalam diplomasi dan mereka terus menghancurkan Yaman dengan agenda masing masing.

Maka tidak ada pilihan kecuali Turki harus melibas keduanya (Saudi-UAE) sekaligus juga melibas Syiah Houthi disisi lain.

Inilah mengapa, dalam dua pekan ini, orang kuat UAE Tahnoun Ben Zayed menghadap Turki dalam kunjungan dadakan. Yang dibicarakan dengan Erdogan adalah soal Turki agar bersikap toleran kepada UAE di kawasan termasuk di Yaman.

UAE yang punya hubungan spesial dengan Israel selama ini sangat khawatir Turki akan masuk Yaman dan akan melibas mereka seperti yang terjadi di Libya tahun lalu.

UAE juga sangat khawatir dengan ambisi Turki yang juga ingin masuk Afghanistan bekerjasama dengan pemerintahan baru disana atas permintaan rezim baru di Kabul.

Yang jelas, isu Yaman ini salah satu isu penting Dunia Islam saat ini. Jika nanti akhirnya Turki masuk Yaman dan mampu membalikkan semua permainan Saudi-UAE dan Houthi disana. Kondisi Geopolitik akan berubah drastis yang kembali menguatkan posisi Turki di kawasan dan dunia Islam.

Tengku Zulkifli Usman

***