Kemerdekaan Palestina Semakin Dekat

Berarti harapan kemerdekaaan bangsa Palestina (Islam dan Kristen) bisa terwujud di masa Joe Biden.

Kamis, 28 Januari 2021 | 14:10 WIB
0
269
Kemerdekaan Palestina Semakin Dekat
Donald Trump (Foto: pikiran-rakyat.com)

Sepertinya apa yang dilakukan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 Donald Trump di masa empat tahun kekuasaannya usai sudah, juga dengan berbagai kebijakannya yang pernah diputuskannya selama empat tahun.

Kalau tentang pemboikotan beberapa medis on line, boleh saja diubah Trump dengan membuat media on line baru, karena bagi dirinya tidak sulit mengeluarkan biaya, karena ia adalah seorang milyader. Tetapi yang sangat menyakitkan Trump adalah pembatalan kebijakannya di era Joe Biden. Banyak keputusan Trump yang dibatalkan Biden.

Yang menarik adalah upaya perdamaian antara Palestina-Israel akan dilanjutkan. Ini kunci penting dalam usaha perdamaian di Timur Tengah, di mana akan hadir sebuah harapan Negara Palestina Merdeka dan Berdaulat akan lahir di Era Pemerintahan Joe Biden, Presiden AS ke-46.

Harapan akan tercapainya kesepakatan perdamaian antara Palestina dan Israel telah dinyatakan telah dinyatakan Duta Besar AS di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Richard Mills pada hari Selasa, 26 Januari 2021.

"Di bawah pemerintahan baru, kebijakan AS akan mendukung solusi dua negara yang disepakati bersama di mana Israel-Palestina hidup damai dan aman berdampingan," ujar Richard Mills.

Berarti harapan kemerdekaaan bangsa Palestina (Islam dan Kristen) bisa terwujud di masa Joe Biden. Secara pribadi perjumpaan saya yang waktu itu sebagai wartawan luar negeri Harian "Suara Karya," di mana harapan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Ribhi Y Awad kepada saya pada tanggal 23 Februari 1997 benar-benar terwujud. Mengharapkan rakyat Palestina akan terwujud, yaitu merdeka penuh secara "de facto" dan "de jure."

***