AS-China Sepakati Genjatan Senjata Perang Dagang, Saham Pun Menghijau

Senin, 3 Desember 2018 | 08:25 WIB
0
44
AS-China Sepakati Genjatan Senjata Perang Dagang, Saham Pun Menghijau

Genjatan senjata biasanya berlaku dalam peperangan. Biasanya genjatan senjata diberlakukan untuk menegosiasikan atau merundingakan mencari solusi dan mengirim bantuan bagi korban perang.

Ternyata gencatan senjata bukan hanya berlaku dalam perang tetapi juga dalam perang dagang juga perlu ada genjatan senjata.

Seperti kita ketahui bersama beberapa bulan ini ekonomi dunia bergejolak dan menyeret kepada negara-negera yang ekonominya kurang kuat secara fundamental akibat perang dagang.

Perang dagang terjadi antara China dan Amerika.

Kedua negara ini saling menaikkan tarif terhadap barang-barang yang masuk di dua negara tersebut.Amerika menaikkan tarif baja China berkisar 10% sampai 25%,begitu juga China menaikkan tarif hasil pertanian Amerika, seperti: kedelai dan hasil pertanian laiinya.

Tentu perang dagang itu berimbas kepada negara-negara yang ekonominya tidak kuat dan mata uangnya mengalami penurunan terhadap dollar. Ada beberapa negara yang mengalami krisis ekonomi akibat imbas perang dagang ini. Bahkan mata uangnya merosot tajam.

Perang dagang kedua negara besar itu mirip perang dua gajah yang bisa merusak lingkungan di sekitarnya karena terinjak-injak oleh dua gajah besar yang sedang berkelahi.

Akhirnya dua negara tersebut menyadari dampak dari perang dagang yang membawa ekonomi dunia mengalami goncangan dan banyak bursa saham baik global atau regional sering merah atau turun dalam.

Amerika dan China sepakat melakukan genjatan senjata selama 90 hari ke depan. Kedua negara bersepakat tidak menaikkan tarif, seperti yang terjadi sebelumnya.

Dalam waktu 90 hari kedua negara mencari solusi-slolusi untuk menghindari atau menghentikan perang tarif yang merugikan kedua negara tersebut. Kalau dalam waktu 90 hari tidak ada kesepakatan atau solusi, bisa jadi perang dagang akan berlanjut lagi.

Dan imbas genjatan senjata dari perang dagang ini langsung direspon oleh bursa saham yang langsung menghijau.

Mudah-mudahan bursa domestik atau dalam negeri juga menghijau yang artinya mengalami kenaikkan dan bursa semakin bergairah, apalagi sudah akhir bulan.

***