Erdogan Angkat Naci Agbal sebagai Gubernur Bank Sentral Turki

Erdogan "Terpaksa" melakukan langkah langkah apapun yang bisa memperbaiki ekonomi dari serangan serangan asing. termasuk sudah dua kali memecat gubernur bank sentralnya.

Sabtu, 7 November 2020 | 23:57 WIB
0
160
Erdogan Angkat  Naci Agbal sebagai Gubernur Bank Sentral Turki
Naci Agbal (Foto: Facebook/Tengku Z. Usman)

Erdogan hari ini kembali memberhentikan Gubernur Bank Sentral Turki, Murat Uysal.

Pemberhentian ini kali kedua Erdogan "memecat" Gubernur Bank sentral dalam dua tahun ini.
Murat Uysal diangkat Erdogan 16bulan lalu kala Erdogan berselisih dengan Gubernur Bank sentral Sebelumnya, Murat Cetinkaya.

Murat Cetinkaya dipecat Erdogan karena menolak menurunkan suku bunga dan membuat mata uang lira merosot dan hampir terjadi inflasi.

Gubernur Bank sentral yang baru diangkat hari ini oleh Erdogan adalah Naci Agbal, mantan menteri keuangan Turki 2015-2018.

Langkah langkah "Radikal" yang diambil oleh Erdogan dalam upaya memperbaiki ekonomi Turki adalah bagian dari upaya Turki melawan serangan ekonomi oleh negara adidaya yang menargetkan pelemahan ekonomi Turki.

Perlu dipahami bahwa, Ekonomi Turki sengaja diserang oleh pihak pihak asing dengan tujuan melemahkan pemerintahan Erdogan.

Erdogan "Terpaksa" melakukan langkah langkah apapun yang bisa memperbaiki ekonomi dari serangan serangan asing. termasuk sudah dua kali memecat gubernur bank sentralnya.

Murat Uysal diberhentikan oleh Erdogan setelah melemahnya mata uang lira dalam 6 bulan ini. Gubernur Bank Sentral baru Naci Agbal diharapkan mampu menangani masalah masalah ekonomi khusus nya soal mata uang, inflasi dst.


Tengku Zulkifli Usman

***