Sergei Shoigu, Arsitek Perang Rusia-Ukraina

Jangan main-main dengan proses seleksi pemimpin di sebuah negara. Karena jika negara itu mendapatkan pemimpin super bodoh pembawa sial. Maka satu negara ikut kena sialnya.

Minggu, 3 April 2022 | 06:58 WIB
0
144
Sergei Shoigu, Arsitek Perang Rusia-Ukraina
Sergei Shoigu (Foto: Facebook.com)

Media India, media Rusia, media media timur tengah menyebut dia sebagai"Muhandis Ma'rokah Ukrania".
Atau dalam bahasa Indonesia artinya arsitek perang Ukraina. Gelar yang diberikan kepada menteri pertahanan Rusia. Sergei Shoigu.

Shoigu adalah salah satu orang Rusia yang sangat dekat dengan Putin, karena orang ini hampir tidak pernah keliru dan bekerja.

Dipercaya Putin selama puluhan tahun. Dan menjadi orang Rusia ketiga yang memegang kunci kode senjata nuklir Rusia.

Putin terkenal jarang mengganti Menteri menteri nya. Karena menteri menteri Putin bekerja cukup profesional dan punya loyalitas tinggi.

Jika kita perhatikan kabinet Putin, rata rata orang profesional yang punya kemampuan diatas rata rata. Putin dekat dengan orang karena profesionalitas nya bukan karena teman dekat, keluarga, adik ipar, paman, atau sepupu an.
Sebab itulah Putin gak pernah mengganti Menteri Luar Negeri nya Sergei Lavrov. Karena Lavrov dianggap Putin adalah sosok cerdas dibalik panggung Rusia di dunia internasional.

Jika pemimpin suatu negara bagus dan punya kapasitas dan kecerdasan. Maka reshuffle kabinet itu tidak terlalu penting. Karena pada dasarnya sebuah kebijakan akan bermuara kepada sang pemimpin.

Tapi jika seorang pemimpin terkenal bodoh dan super goblok. Harusnya bukan menteri yang diganti, tapi dia sendiri yang harus disingkirkan dan dibuang ke laut.

Pemimpin negara mengambil peran sangat strategis dalam berbangsa dan bernegara. Dia adalah simbol dan kehormatan negara di dunia internasional.

Bayangkan jika sebuah negara memiliki pemimpin yang super goblok. Maka seperti itulah martabat negara itu akan terlecehkan otomatis di mata dunia.

Jangan main main dengan proses seleksi pemimpin di sebuah negara. Karena jika negara itu mendapatkan pemimpin super bodoh pembawa sial. Maka satu negara ikut kena sial nya.

Tengku Zulkifli Usman
26