Pelatihan Volounter Asean Para Games 2022 Dilakukan Selama 3 Hari

Senin, 25 Juli 2022 | 21:40 WIB
0
212
Pelatihan Volounter Asean Para Games 2022 Dilakukan Selama 3 Hari
Dosen Spesialis Medikal Bedah

Solo – Ajang Asean Para Games 2022 ak

an dilaksanakan dikota Surakarta mulai tanggal 30 Juli 2022 – 7 Agustus 2022. Perhelatan ajang internasional bergengsi diseluruh Asia Tenggara akan menjadi ajang pembuktian bagi negara seluruh Asia Tenggara. Kurang lebih sebanyak 11 negara akan bersaing memperebutkan medali emas dari seluruh kejuaran olahraga yang dilombakan.

             Kunci kesuksesan ajang Asean Para Games 2022 selain ditentukan oleh panitia juga ditentukan oleh kesolidan volounter Asean Para Games 2022. Pihak panitia Asean Para Games 2022 telah merekrut volounter Asean Para Games 2022 yang disiapkan untuk persiapan ajang bergengsi tersebut. Dalam prekrutan volounter dilakukan seleksi secara ketat serta harus mengikuti tahap pelatihan terlebih dahulu.

            Volounter Asean Para Games 2022 melakukan pelatihan umum selama 3 hari berturut – turut yaitu pada tanggal 21 Juli 2022 – 24 Juli 2022. Pada hari pertama dilakukan pelatihan bertempat di Solo Paragon Hotel sekaligus pembukaan pelatihan Asean Para Games 2022. Dalam kesempatan tersebut volounter dibekali dengan ilmu – ilmu dasar ketika akan menangani atlet selama perlombaan berlangsung.

            Pada hari kedua pelatihan umum volounter Asean Para Games 2022 berlangsung didua tempat yaitu Lor In Hotel dan Gedung Serba Guna De Colomadu. Dalam pelatihan kedua tersebut volounter dibekali dengan pelatihan komunikasi secara efektif, berinteraksi dengan disabilitas dan Etiket dan etika selama menjadi volounter Asean Para Games 2022. Pelatihan sendiri berjalan dengan lancar mulai dari pkl. 07.00 wib pagi hingga pkl. 17.00 wib.

            Pada pelatihan volounter Asean Para Games 2022 hari ketiga, volounter mendapatkan materi tentang Pariwisata dikota Solo oleh Ibu retno Wulandari salah satu Grand Manager The Sunan Hotel Surakarta. Setelah itu materi berlanjut oleh team mas Aris Widiyanto yang mengenalkan bagaimana cara mengaplikasikan ilmu praktek kepada atlet.  Dalam sesi pertengahan salah satu Sekjen ASEAN Para SportS Federation (APSF) Senior Colonel Wandee Tosuwan ikut hadir dalam acara tersebut serta berdiskusi dengan para volounter Asean Para Games 2022. Dalam sesi tersebut beliau menyampaikan sangat kagum terhadap persiapan Indonesia yang luar biasa dalam menyambut serta mempersiapkan ajang bergengsi ini.

            Dipenghujung acara ditutup oleh pemateri dosen dari UGM Yogyakarta yaitu Bapak Made Andi, PhD yang menjelaskan tentang problem solving. Disitu volounter diberikan pemahaman serta pelatihan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Dalam pelatihan tersebut Bapak Made berhasil mengangkat mental para volounter menjadi lebih percaya diri dan bijaksana.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Universitas Muhammadiyah Purwokerto yaitu “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa kesuksesan dalam acara Asean Para Games 2022 besok salah satunya adalah pelibatan dari volounter. Dikarenakan garda terdepan dalam menyambut tamu serta mendampingi tamu adalah volounter. Jadi dengan adanya pelatihan volounter Asean Para Games 2022 selama 3 hari ini akan menambah kesiapan para volounter dalam menyambut ajang bergengsi diseluruh Asia Tenggara tersebut. *Red