Pesawat Tempur MiG-29 Ukraina, Diserempet Shahed-136

Memburu drone kamikaze dengan pesawat tempur dan ditembak dengan rudal, sebenarnya tidak sebanding dan justru berisiko.

Jumat, 14 Oktober 2022 | 17:26 WIB
0
101
Pesawat Tempur MiG-29 Ukraina, Diserempet Shahed-136
Drone Shahed 136 Iran (Foto: defense view)

Lagi dan lagi, drone kamikaze Shahed-136 membuktikan kemampuannya. Pesawat tempur Ukraina MiG-29 diserempet Shahed-136 dan akhirnya jatuh.

Dalam sebuah video yang beredar, terlihat Shahed-136 atau nama lainnya Geran-2 menyerempet MiG-29 Ukraina. Dan tidak langsung jatuh atau meledak di udara. Karena pilot masih sempat keluar dengan kursi lontar.

Menurut pihak militer Ukraina, MiG-29 memburu drone kamikaze buatan Iran tersebut, yaitu Shahed-136. Konon, ada yang berhasil dieksekusi atau tertebak.

Memburu drone kamikaze dengan pesawat tempur dan ditembak dengan rudal, sebenarnya tidak sebanding dan justru berisiko.

Drone kamikaze lebih murah dibanding harga pesawat tempur atau harga rudal.

Bahkan Arab Saudi sempat keteteran menghadapi drone Yaman yang menyasar kilang minyak Aramco. Drone Yaman yang masuk wilayah Arab Saudi dihadapi dengan rudal patriot. Jelas tidak sebanding dan malah menghabiskan rudal patriot.

Sejak jembatan Krimea diledakkan dengan cara sabotase, Rusia yang sebelumnya tidak pernah menargetkan Kiev, beberapa hari lalu menghujani Kiev dengan 80 rudal.

Rudal-rudal menarget jaringan listrik dan infrastruktur lainnya.

Rudal-rudal yang berpartisipasi dalam menghujani Kiev yaitu Iskander, Kalibr dan drone kamikaze Shahed-136. Ada puluhan titik yang menjadi target serangan.

Bahkan dalam suatu telewicara dengan pimpinan G-7, presiden Zelenky mengatakan, bahwa Iran akan memasok drone kamikaze Shahed-136 sebanyak 2.400 unit ke Rusia secara bertahap.

Informasi itu diperoleh dari sumber intelijen, menurut Zelenky.

Sepak terjang drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran, menjadi masalah tersendiri bagi Ukraina. Karena drone kamikaze susah terdeteksi oleh radar yang canggih sekalipun. 

Drone Shahed-136 ukurannya lebih kecil dan berbentuk segitiga. Moncongnya berisi bahan peledak. Dan mempunyai daya jelejah atau jangkauan 2.000 Km.

Akhir-akhir ini Rusia justru meningkatkan serangan kepada Ukraina.

***