Favorit Banyak Wisatawan, Berikut Top 7 Tempat Makanan Enak di Semarang

Inilah 7 tempat makanan enak di Semarang.

Senin, 15 Mei 2023 | 21:44 WIB
0
110
Favorit Banyak Wisatawan, Berikut Top 7 Tempat Makanan Enak di Semarang
lunpia semarang

Siapa yang mau ke Semarang? Yup, Ibukota Provinsi di Jawa Tengah ini menyimpan berbagai destinasi pariwisata yang mengesankan, tanpa terkecuali menu kulinernya. Tak kalah dengan kota lain, Semarang merupakan salah satu daerah yang kaya akan cita rasa makanan yang beragam dan memiliki berbagai tempat makan legendaris, mulai dari toko kue, restoran, hingga rumah makanan tradisional.

Jika hendak berkunjung ke Kota Semarang, Anda wajib mencoba 7 list tempat makanan enak di Semarang berikut ini:

1. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man

Apabila sedang berwisata di Semarang, Anda harus mampir ke Tahu Gimbal Lumayan Pak Man di Jalan Plamitan No.54, Bangunharjo, Semarang Tengah ini. Perlu Anda ketahui, tahu gimbal adalah salah satu makanan khas Semarang yang terdiri dari potongan tahu, lontong, tauge, kubis, kerupuk udang, dan gimbal (bakwan udang) yang disiram saus bumbu kacang dan petis. Di Semarang sendiri, ada berbagai macam warung tahu gimbal. Tempat makan yang juga terkenal dengan nama Tahu Gimbal Plampitan ini sudah berdiri sejak tahun 1950 lho. Warung ini menjadi idola para penduduk lokal dan para wisatawan karena keunikan gimbal-nya yang besar dan bumbu kacang kasar yang menggugah selera.

2. Toko Oen

Rekomendasi makanan enak di Semarang selanjutnya yaitu Toko Oen. Toko roti dan restoran ini berdiri sejak tahun 1936. Toko yang beralamat di Jalan Pemuda No.52, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang ini mempertahankan nuansa ruangan dan dekor cantik ala kolonial dengan cita rasa makanan khas tempo dulu. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama Toko Oen, sehingga banyak disinggahi pelanggan dari dalam maupun luar kota. Sejak awal berdiri, Toko Oen selalu menyajikan banyak menu makanan berat maupun ringan yang lezat dari berbagai macam budaya, seperti kue-kue kering, es krim, risoles, salad daging, aneka krim sup, sop buntut daging, bitterballen, serta poffertjes bergaya Belanda.

3. Lekker Paimo

Tidak seperti lekker pada umumnya, Lekker Paimo termasuk menu kuliner legendaris yang eksis sejak tahun 1978. Lokasinya berada di depan SMA Loyola Semarang, Jl. Karanganyar No. 37 dari pukul 11.00 sampai 17.00. Di sini, Anda dapat menikmati jajanan lekker dengan banyak pilihan topping sesuai keinginan, misalnya pisang, cokelat, keju, tuna, sosis, dan mozzarella, atau memesan lekker dengan tingkat kepedasan yang berbeda. Walaupun terbilang sederhana, Lekker Paimo sangat dinanti oleh banyak orang dan rela antri demi lekker buatan mereka yang manis dan legit ini.

4. Warung Makan Mangut Belut Hj. Nasima

Kalau Anda menyukai olahan makanan laut, Anda harus mampir ke tempat makanan enak di Semarang ini, yaitu Warung Makan Mangut Belut Hj. Nasima di Jl. Menoreh No.10 Semarang. Warung makan ini berdiri sejak tahun 1975. Menu andalan mereka adalah welut (belut) pedas, mangut kuah, serta masakan jawa lainnya seperti garang asem, orek tempe, oseng-oseng, pepes, dan aneka sayur-sayuran. Racikan bumbu yang pas disertai perpaduan rasa gurih, manis, dan pedas mampu memikat para pecinta kuliner untuk datang ke sini lagi. Anda bisa mencoba menu favorit mangut dengan harga mulai 25 ribuan saja. Jadi, jangan lupa, sempatkan singgah di warung makan ini di hari Senin-Sabtu, pukul 07.00-16.00 ya.

5. Nasi Gandul Pak Memet

Tak lengkap rasanya apabila Anda melewatkan kesempatan untuk mencicipi Nasi Gandul Pak Memet di Jalan Dr. Cipto No.12 A Semarang. Meski dikenal sebagai menu kuliner khas Pati, Pak Memet dan sang istri bisa membawa nasi gandul menjadi makanan yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Di warung makan ini, Anda akan disajikan nasi dengan pilihan lauk seperti usus, babat, paru, telur pindang, dan lain sebagainya. Kemudian, nasi putih yang sudah diberi lauk dan suwiran ayam akan disiram dengan kuah santan kecoklatan. Nasi Gandul Pak Memet ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Kalau ingin menyantap nasi gandul yang enak ini, Anda bisa datang dari pukul 16.30 sampai 21.30 WIB.

6. Ayam Goreng & Sop Buntut Pak Supar

Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar selalu menjadi andalan bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi menu kuliner di Semarang. Letaknya di Jl. Moh. Suyudi No.48, Miroto, Semarang. Rumah makan ini sudah menyajikan ayam goreng dan sop buntut selama puluhan tahun. Ayam Goreng dan Sop Buntut Pak Supar berkembang sejak tahun 1974, dan dari gerobak dorong, sekarang memiliki tempat sendiri dan selalu ramai dikunjungi orang dari luar daerah Kota Semarang. Di sini, Anda dapat mencoba sop buntut dengan daging dan kaldu yang gurih serta ayam goreng kampung berbumbu yang renyah. Sebagai pelengkap hidangan, Anda bisa memesan sambal bawang, sambal korek, dan sambal khas rumah makan ini.

7. Lunpia Gang Lombok

Lunpia Gang Lombok di sudah berdiri lebih dari 100 tahun yang lalu. Tempat ini sangatlah legendaris, karena menjadi satu-satunya kedai makanan yang membuat lunpia asli, bahkan meraih berbagai penghargaan di bidang kuliner. Lunpia atau lumpia adalah kombinasi rebung dan udang, kemudian dibungkus dalam kulit dari adonan tepung. Rasanya yang gurih, asin, dan kriuk sangat cocok untuk camilan. Usaha lunpia ini sudah dikelola turun temurun dari generasi ke generasi. Yuk, cicipi lunpia khas Semarang ini hanya di Jalan Gang Lombok No.11, Semarang.

Nah, itulah tadi 7 list tempat makanan enak di Semarang. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan destinasi wisata kuliner selanjutnya.