Jelajahi Keindahan Pantai Kesirat di Sisi Selatan Kota Yogyakarta

Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan dan menikmati semua keseruan yang ditawarkan oleh pantai ini.

Kamis, 28 September 2023 | 08:31 WIB
0
63
Jelajahi Keindahan Pantai Kesirat di Sisi Selatan Kota Yogyakarta
Pantai Kesirat

Apabila biasanya bibir pantai digunakan oleh para wisatawan untuk bermain di air dan pasir, Pantai Kesirat yang terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, menawarkan pengalaman yang berbeda. Salah satu ciri khasnya adalah ketiadaan pasir putih seperti pantai pada umumnya.

Dengan keunikan ini, Pantai Kesirat telah menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk wisatawan lokal dan internasional. Bahkan, lokasi ini telah menjadi pilihan utama bagi para anak muda untuk melakukan kegiatan camping.

Tidak hanya karena keunikan yang dimilikinya, tetapi Pantai Kesirat juga menawarkan sejumlah warung makan yang menghidangkan berbagai hidangan laut yang lezat. Jika Anda berminat mengunjungi tempat wisata ini, berikut adalah beberapa informasi yang dapat Anda perhatikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Kesirat

Lokasi Favorit untuk Camping

Banyak wisatawan, terutama kalangan anak muda, memilih Pantai Kesirat sebagai lokasi ideal untuk berkemah. Dataran landai yang dikelilingi oleh tebing kapur yang mirip pegunungan ini dianggap sebagai tempat yang strategis untuk mendirikan tenda yang nyaman.

Apabila Anda sudah memiliki peralatan camping, Anda dapat membawanya dari rumah. Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan camping sama sekali, ada beberapa tempat di sekitar pantai yang menyewakan tenda.

Tentu saja, penyediaan layanan sewa alat tenda ini sangat bermanfaat bagi wisatawan yang mungkin tidak sempat atau kurang mempersiapkan perlengkapan camping sebelumnya. Bahkan, fasilitas ini seringkali menjadi pilihan utama bagi wisatawan dari luar daerah yang berencana menginap di pantai tersebut.

Selama berkemah di Pantai Kesirat, Anda dapat menikmati beragam kegiatan seru, salah satunya adalah membuat api unggun. Selain berfungsi sebagai sumber cahaya saat malam hari, api unggun ini juga dapat memberikan kehangatan jika Anda merasa kedinginan akibat angin laut.

Selain itu, Anda juga dapat memeriahkan suasana camping dengan bernyanyi sambil mengiringi diri dengan gitar akustik. Selain itu, Anda dapat menikmati secangkir kopi dan mi instan yang direbus untuk mengatasi rasa lapar saat itu.

Salah satu hal yang wajib diperhatikan saat berkemah di Pantai Kesirat adalah menjaga kebersihan lingkungan. Keindahan pantai ini dapat terus terjaga jika wisatawan yang berkunjung mematuhi peraturan, termasuk dalam hal pembuangan sampah pada tempat yang telah disediakan.

Keunikan Pantai Tanpa Pasir

Berbeda dengan bibir pantai pada umumnya yang memiliki pasir untuk bermain, Pantai Kesirat memiliki keunikan yang sangat berbeda. Salah satu aspek uniknya adalah ketiadaan hamparan pasir putih yang biasanya indah di bawah sinar matahari, yang tidak akan Anda temukan di Pantai Kesirat. Hal ini dikarenakan lokasinya yang terletak di atas tebing kapur yang menjulang ke arah lautan lepas.

Deburan ombak dari Samudra Hindia ini akan langsung menghantam batuan karang yang terletak tepat di bawah tebing. Oleh karena itu, suara deru ombak yang memecahkan batuan karang tersebut akan terdengar lebih nyaring saat air laut sedang pasang.

Keunikan ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan, terutama yang datang dari luar daerah. Mereka dengan senang hati melakukan perjalanan jauh karena penasaran dengan kondisi pantai yang tidak memiliki hamparan pasir.

Dengan daya tarik yang begitu memikat dan menimbulkan rasa penasaran bagi banyak orang yang belum pernah mengunjunginya, maka Pantai Kesirat harus masuk dalam daftar tujuan wisata Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk singgah sebentar di sisi selatan kota Gudeg ini.

Melakukan kunjungan ke pantai yang unik ini di Gunung Kidul akan menciptakan kenangan tak terlupakan dalam hidup Anda. Terutama karena suasana pantainya yang terasa lebih tenang daripada pantai-pantai lain, sehingga bisa memberikan Anda kesempatan untuk merelaksasikan pikiran Anda.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Destinasi wisata Pantai Kesirat terletak di Desa Karang, yang terletak di Kecamatan Panggang. Terdapat dua rute perjalanan yang dapat Anda pilih untuk mengunjungi pantai ini, yaitu melalui jalur kota atau melalui jalur selatan yang melewati jalan desa.

Rute pertama dari pusat kota Yogyakarta menuju Pantai Kesirat adalah dengan melalui Jalan Parangtritis hingga mencapai perempatan besar. Di perempatan tersebut, arahkan kendaraan Anda untuk berbelok ke kiri, dan ini akan membawa Anda ke Jalan Piyungan.

Setelah Anda menemui lampu merah, yang di sisi kanannya terdapat sebuah lapangan sepakbola yang cukup luas, perjalanan selanjutnya akan melibatkan jalan menanjak. Setelah melintasi lampu merah tersebut, Anda akan menghadapi bagian jalan yang memiliki kemiringan hampir 45°, yang pastinya akan menguji keberanian Anda.

Meskipun jalur yang Anda tempuh adalah tanjakan dengan beberapa tikungan tajam, sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang masih alami. Udara di sekitar juga terasa lebih segar karena hutan ini dipenuhi dengan pepohonan besar yang memberikan keteduhan.

Setelah meninggalkan kehijauan hutan khas Gunung Kidul, kendaraan Anda akan memasuki jalan yang lebih kecil. Ketika mencapai daerah Playen, Anda akan melihat Pasar Paliyan, sebuah pasar tradisional di ujung jalan. Selanjutnya, ambillah arah ke kiri menuju wilayah Saptosari.

Setelah memasuki daerah pedesaan, tujuan berikutnya adalah Kelurahan Girikarto. Saat Anda mencapai pertigaan menuju Dusun Nglaos, Anda harus berbelok ke kiri. Di sepanjang jalan menuju pantai, Anda akan melihat lahan persawahan di kedua sisinya.

Pintu masuk dengan tulisan "Pantai Kesirat" akan menjadi akhir perjalanan Anda. Selain rute dari pusat kota, alternatif kedua adalah melalui sisi selatan Yogyakarta. Sayangnya, rute ini kurang diminati oleh wisatawan karena kondisi jalan yang tidak baik di beberapa bagian.

Para pengunjung yang ingin masuk ke kawasan pantai ini akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp 5.000 per orang. Harga ini sangat terjangkau, mengingat bahwa selain dapat berkemah, Anda juga dapat menggunakan berbagai fasilitas yang telah tersedia.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

1. Menikmati Kuliner

Kegiatan pertama yang dapat Anda nikmati di pantai ini adalah menjelajahi kuliner. Restoran-restoran di sekitar pantai menawarkan berbagai hidangan laut dengan rempah-rempah yang kaya. Harga makanan yang ditawarkan juga sangat terjangkau menjadi: Harga makanan yang ditawarkan juga sangat ekonomis.

Selain menikmati hidangan seafood, Anda juga bisa mencicipi makanan khas Gunung Kidul, seperti tiwul. Makanan manis berwarna coklat ini terbuat dari ketela yang telah dihaluskan dan difermentasi selama beberapa hari.

2. Memancing dari Tebing

Kegiatan lain yang bisa dinikmati di Pantai Kesirat adalah memancing. Tempat terbaik untuk memancing terletak di tebing bagian timur, yang memiliki ketinggian rata-rata sekitar 15-30 meter. Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan, mulai dari yang kecil hingga yang besar dengan berat mencapai sekitar 2 kg.

3. Menikmati Keindahan Sunset di Pantai Kesirat

Kecantikan pemandangan pantai Pantai Kesirat benar-benar luar biasa, terutama saat matahari terbenam. Di pinggir tebing terdapat sebuah pohon besar yang sering dijadikan tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam ini.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen ini dengan foto siluet yang memukau. Angin laut yang lembut yang menyapu tubuh Anda juga dapat memberikan perasaan ketenangan. Keindahan dan kenyamanan saat matahari terbenam ini hanya bisa Anda rasakan di pantai eksotis ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas untuk para wisatawan di Pantai Kesirat sangat lengkap, termasuk area parkir yang luas untuk kendaraan pribadi. Ini berarti wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu khawatir mencari tempat parkir.

Tarif parkirnya adalah sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Anda dapat yakin kendaraan Anda akan aman, karena ada petugas parkir dari masyarakat setempat yang siap melayani selama 24 jam.

Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa rumah makan di sepanjang jalan dari tempat parkir menuju pantai. Mereka menawarkan beragam hidangan, mulai dari hidangan seafood yang menjadi spesialisasi mereka hingga makanan unik khas daerah Gunung Kidul.

Untuk mereka yang ingin berkemah, tersedia layanan penyewaan tenda di pantai ini. Jadi, jika Anda tidak membawa atau tidak memiliki peralatan camping, Anda masih bisa menikmati pengalaman camping dengan biaya sewa tenda yang terjangkau.

Demikianlah informasi tentang Pantai Kesirat yang terletak di sisi selatan Kota Yogyakarta seperti yang dilansir laman ubidate. Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu liburan dan menikmati semua keseruan yang ditawarkan oleh pantai ini.

***