Menikmati Pesona Pantai Goa Cemara di Bantul, Yogyakarta

Minggu, 22 Oktober 2023 | 07:13 WIB
0
24
Menikmati Pesona Pantai Goa Cemara di Bantul, Yogyakarta
Goa Cemara

Jogja dikenal sebagai tempat dengan beragam pantai yang menarik, dan juga menawarkan destinasi wisata modern yang diminati oleh generasi muda.

Salah satu destinasi yang patut dikunjungi adalah Pantai Goa Cemara, yang menonjol dengan keunikan yang berbeda dari pantai-pantai lain di Yogyakarta. Tempat ini tidak boleh terlewatkan oleh wisatawan yang berkunjung ke Bantul.

Keunikan ini telah menarik perhatian banyak wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, untuk mengunjungi tempat wisata ini. Tentu saja, Anda penasaran dengan apa saja yang bisa ditemukan di sana. Mari ikuti ulasannya di bawah ini:

Daya Tarik yang Ditawarkan Pantai Goa Cemara

Tak dapat dipungkiri lagi keberadaan destinasi pantai di Yogyakarta yang semakin memukau. Semakin berkembangnya waktu, muncul banyak wisata baru yang layak untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa keunikan yang dapat Anda temui saat mengunjungi Pantai Goa Cemara:

Terdapat Pepohonan yang Mirip Goa

Pantai ini dikenal memiliki kekayaan pepohonan yang langka, sulit ditemui di tempat lain. Karena begitu banyaknya pohon yang tumbuh di sekitar pantai, ada yang menyerupai gua karena begitu lebatnya.

Hal ini menciptakan suasana di mana pepohonan itu hampir menyerupai lorong yang gelap, memberikan kesan goa yang gelap. Inilah yang memberi pantai julukan Goa Cemara.

Mercusuar yang Tinggi

Salah satu daya tarik lainnya di pantai ini adalah mercusuar yang tingginya mencapai 40 meter. Pengunjung dapat mendaki mercusuar ini untuk menikmati pemandangan lautan biru yang menakjubkan.

Namun, hanya dua orang yang diizinkan masuk ke mercusuar pada satu waktu. Pengunjung dapat menunggu giliran mereka sambil bergantian dengan yang lain.

Kebijakan ini diterapkan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengunjung serta mencegah kerumunan yang berlebihan.

Konservasi Penyu

Keunikan lain yang dapat ditemukan di sana adalah konservasi penyu, yang sengaja dikembangkan untuk menarik minat pengunjung ke destinasi wisata ini.

Tak hanya itu, konservasi penyu ini juga merupakan langkah awal dalam menjaga keberlangsungan hidup para penyu di Pantai Goa Cemara. Tentunya tempat ini layak untuk dikunjungi bersama kerabat.

Vegetasi Pesisir Pantai

Biasanya di pantai-pantai lain, kita hanya akan menemukan hamparan pasir. Namun, Pantai Goa Cemara menawarkan pemandangan yang berbeda, dengan vegetasi pantai yang beragam dan rimbun.

Mayoritas vegetasi pantai terdiri dari pohon cemara, yang tumbuh subur karena kondisi lingkungan yang mendukung.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Jika Anda tak sabar mengunjungi pantai yang unik ini, lokasinya tak jauh dari pantai terkenal di Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis, bahkan berada di jalan yang sama.

Untuk rute dari kota Yogyakarta, perjalanan sekitar 20 km. Anda dapat melewati jembatan layang Janti, lalu menuju Ringroad Selatan sekitar 6 km. Setelah itu, lewati terminal Giwangan dan arahkan ke Jalan Parangtritis.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Bagi wisatawan yang ingin mengetahui harga tiket masuk ke pantai ini, tidak perlu khawatir karena biayanya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang.

Namun, bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya tambahan. Parkir untuk sepeda motor sekitar Rp 3.000, sedangkan untuk mobil sekitar Rp 5.000. Bagi rombongan wisatawan yang menggunakan bus, biaya parkirnya sekitar Rp 10.000.

Aktivitas Seru yang Dilakukan

1. Berkeliling dengan ATV

Sambil menikmati pesona pantai, Anda dapat mengendarai ATV yang umumnya tersedia untuk disewa di sekitar pantai dan area pohon cemara. Kegiatan ini memerlukan keberanian dan keterampilan khusus dalam mengemudikan ATV di tanah berpasir.

2. Foto Bersama di Area Pohon Cemara

Pohon-pohon cemara yang terdapat di sekitar pantai seringkali digunakan sebagai latar belakang foto yang menarik, terutama karena mereka tumbuh di sepanjang jalan setapak.

Para pengunjung sering memanfaatkan pohon cemara tersebut sebagai spot foto untuk mengabadikan momen bersama keluarga dan teman-teman. Pohon cemara ini memang menjadi daya tarik yang menarik untuk diposting di Instagram.

3. Menunggangi Kuda

Selain menikmati perjalanan dengan ATV, aktivitas menunggang kuda juga merupakan hal yang mengasyikkan. Jangan khawatir, Anda akan didampingi oleh pemandu selama menunggang kuda. Ini pasti akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi Anda dan anak-anak.

4. Berkemah

Tak hanya menikmati suasana pantai pada pagi dan siang hari, pantai ini juga cocok untuk berkemah.

Anda hanya perlu membawa perlengkapan perkemahan yang akan meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama menginap di pantai ini.

5. Menikmati Aktivitas Outbound

Bagi Anda yang menggemari aktivitas semacam itu, Pantai Goa Cemara Bantul merupakan pilihan yang tepat karena fasilitas di sekitar pantai tersebut sangat mendukung.

Tidak heran jika pantai menarik ini sering dijadikan lokasi perkumpulan siswa sekolah dan mahasiswa untuk kegiatan outbound. Ini pasti akan menjadi pengalaman menyenangkan bersama teman-teman.

6. Bermain Air

Berenang dan bermain air tentu saja menjadi aktivitas yang tak terlupakan saat mengunjungi pantai manapun, termasuk Pantai Goa Cemara di Bantul. Para pengunjung dapat menikmati keseruan bermain air pantai dan berenang dengan leluasa di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

1. Fasilitas Mushola

Salah satu fasilitas yang tersedia di Pantai Goa Cemara Bantul adalah mushola, yang menjadi tempat ibadah penting bagi umat Islam. Mengingat kunjungan ke pantai ini sering kali berlangsung sepanjang hari, bukan hanya sebentar.

2. Tempat Makan

Jika Anda merasa lapar dan lelah setelah berkeliling di pantai, Anda bisa menikmati berbagai hidangan lezat di warung makan yang tersedia. Warung makan di sekitar pantai ini menawarkan beragam hidangan khas yang pasti akan memanjakan selera Anda.

3. Toko Oleh-Oleh

Ketika sedang berlibur, memberikan oleh-oleh kepada saudara atau sahabat memang merupakan ide bagus. Di area pantai ini, Anda bisa menemukan beragam jenis oleh-oleh yang menarik. Mulai dari pernak-pernik unik, pakaian khas dari Pantai Goa Cemara, hingga makanan khas.

4. Terdapat Area Parkir

Tak dapat dipungkiri, area parkir di destinasi wisata ini memang cukup luas, menjadi fasilitas umum yang penting bagi para pengunjung.

Anda tidak perlu khawatir tentang kendaraan Anda, karena akan dijaga dengan baik oleh petugas parkir.

5. Fasilitas Toilet Umum

Toilet merupakan fasilitas penting yang harus tersedia, mengingat toilet merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Toilet di pantai ini sangat bersih dan nyaman digunakan.

Setelah berenang, tentu tidak mungkin untuk pulang tanpa membersihkan diri. Terlebih lagi, bermain di pantai dapat meninggalkan pasir yang menempel pada baju atau tubuh.

Demikian sekilas informasi tentang destinasi wisata Pantai Goa Cemara di Bantul seperti yang dilansir Indobet88. Jika Anda berencana ke Yogyakarta, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata ini.